Pelabuhan-Bandara Rawan Penyelundupan Narkoba


Hargo.co.id GORONTALO – Maraknya peredaran narkoba di Gorontalo perlu menjadi perhatian serius semua pihak. Pengawasan jalur masuk transportasi ke Gorontalo harus lebih diperketat. Termasuk dari pelabuhan dan bandar udara (bandara).

Sebab, dua jalur tersebut diduga kuat menjadi arena yang lebih leluasa bagi pengedar narkoba untuk masuk ke Gorontalo dibanding jalur darat.

Wakil Walikota Gorontalo Charles Budi Doku mengungkapkan hal itu ketika diwawancarai Gorontalo Post, Selasa, (28/11).

“Gorontalo, adalah daerah urutan kelima darurat penyalahgunaan narkoba. Dua pelabuhan besar serta bandara di Provinsi Gorontalo diduga menjadi jalur masuk penyeludupan barang haram tersebut,” ungkap Budi Doku.

Lebih lanjut disampaikan Budi Duko, banyaknya pengiriman barang haram itu ke Gorontalo melalui kurir disebut-sebut menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi sat ini, komunikasi sudah lebih canggih sehingga para bandar narkoba bisa mengendalikan peredaran narkoba dari daerah luar.

Disisi lain, pengaruh negatif kecanggihan tekonologi kian menggerogoti generasi muda. Penggunaan internet secara bebas diduga menjadi pemicu anak-anak di daerah mengkonsumsi zat adiktif yang bisa memberi rasa ketergantungan bagi penggunannya.

“Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan, untuk Kota Gorontalo saya sudah memerintahkan Kadis Kesehatan untuk mengawasi penjualan obat-obatan di apotik,” ujarnya.

Menurut Budi Doku, pengawasan dan pengontrolan penjualan obat-obat di apotik sangat diperlukan. Sebab banyak temuan termasu dari BNNK Gorontalo banyak obat-obatan yang penggunannya mulai di salah gunakan generasi muda.

“Penemuan BNNK Gorontalo beberapa waktu lalu, ada bekas kemasan obat batuk di tempat-tempat umum yang diduga dicampur dengan minuman lain untuk member rasa halusinasi,” jelasnya.

Budi juga mengapresiasi kinerja BNN Kota Gorontalo atas upaya pemberantasan narkoba.

“Beberapa waktu lalu BNNK telah menangkap 40 siswa yang diduga menggunakan obat-obat yang mengandung zat adiktif. Saya harap pengawasan itu terus dilakukan,” imbaunya. (tr-53/hargo)

Share

Leave a Comment