Pencuri Kayu Perusahaan Sawit Tersangka


Hargo.co.id MARISA – Kasus penebangan pohon yang terjadi pada Kamis 13 Oktober lalu terus diseriusi oleh jajaran penyidik Polres Pohuwato.

Informasi yang berhasil dirangkum Gorontalo Post, pihak penyidik Polres Pohuwato telah melakukan pemeriksaan enam orang saksi yang terdiri dari dua saksi dari pihak perusahaan sawit, dua saksi yang tak lain adalah pekerja, satu saksi dari aparat penegak hukum serta satu ahli dari Dinas Kehutanan.

Bahkan pihak penyidik pula telah turun melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan apakah penebangan pohon terjadi di kawasan hutan atau di lokasi milik perusahaan sawit.

Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Sutrisno,SIK melalui Kasat Reskrim AKP Deni Muhtamar,S.Sos,SH ketika diwawancarai kemarin menjelaskan, pihaknya sudah turun langsung ke lapangan bersama dengan Dinas Kehutanan.

Hasilnya, wilayah penebangan pohon yang dilakukan oleh dua warga tersebut ternyata masuk pada kawasan milik perusahaan sawit. Dengan demikian, perkara ini bukan illegal loging, melainkan termasuk pada kasus pencurian.

“Kami pun sudah menetapkan satu tersangka yakni TI alias Tune. Tune merupakan otak dari penebangan pohon yang ada di kawasan hutan milik perusahaan sawit,” jelasnya.

Ditambahkan pula, tersangka dikenakkan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Penetapan tersangka sudah kami lakukan dan perkara ini masih terus bergulir. Secepatnya akan kami limpahkan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pohuwato,” pungkasnya. (kif/hargo)

Share

Leave a Comment