Pendukung Optimis PAHAM Ikut Pilkada


BOALEMO Hargo.co.id – Meski putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan pasangan Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI) yang mempersoalkan putusan KPU meloloskan pasangan petahana Rum Pagau-Lahmudin Hambali (PAHAM), namun pendukung PAHAM meyakini calon mereka tetap bisa ikut pilkada. Pasalnya sampai sekarang ini belum ada salinan putusan resmi dari Mahkamah Agung.

Ketua Pertai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Boalemo Darno Oli’i mengatakan, pasangan petahana Rum Pagau – Lahmudin Hambali (PAHAM) diyakini tetap akan mengikuti Pilkada Boalemo yang akan digelar Februari 2017 mendatang. Pasalnya sampai dengan saat ini salinan putusan dari MA belum diterima secara resmi.”Sebagai partai pendukung PAHAM kami masih optimis jika PAHAM masih akan mengikuti Pilkada Boalemo 2017 mendatang. Meskipun isu yang berkembang saat ini pasangan PAHAM terancam akan dicoret sebagaimana gugatan DAMAI yang dikabulkan Mahkamah Agung,” jelasnya.

Darno menambahkan selama ini PAHAM sebagai calon petahana yang sudah memimpin Boalemo hampir 5 tahun tersebut sudah terbukti memberikan karya berupa pembangunan di Boalemo. Sehingga pihaknya meyakini PAHAM masih mendapatkan kepercayaan rakyat untuk melanjutkan Pembangunan di periode keduanya.”Kami tetap akan merapatkan barisan mendukung PAHAM hingga mendulang kemenangan, kami tetap akan solid mengawal PAHAM,” bebernya.

Seperti diketahui, website Mahkamah Agung (MA) telah menyajikan putusan atas dua materi gugatan sengketa Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Boalemo yaitu gugatan pasangan calon (paslon) Rum Pagau- Lahmudin Hambali dan gugatan pasangan Darwis Moridu-Anas Jusuf (DAMAI). Untuk gugatan pasangan DAMAI yang mempersoalkan putusan KPU meloloskan pasangan PAHAM, Mahkamah Agung mengabulkan gugatan itu. Putusan itu bernomor register 570/K/TUN/PILKADA/2016 dan diterbitkan pada 4 Januari. Sementara gugatan PAHAM terhadap keputusan KPU yang meloloskan pasangan DAMAI, Mahkamah Agung menolak gugatan tersebut. Putusan itu diterbitkan pada 4 Januari dengan nomor register ptusan K/TUN/PILKADA/2016.

Tapi, KPU sebagai termohon dalam gugatan sengketa Pilbup Boalemo belum menerima salinan lengkap putusan MA tersebut. Untuk menindaklanjuti apapun putusan MA, KPU harus menerima terlebih dahulu salinan lengkap putusan MA. Olehnya meski website MA telah menampilkan putusan kasasi untuk sengketa Boalemo, tapi hal itu belum merubah komposisi pasangan calon yang ikut Pilkada Boalemo.

Share

Leave a Comment