Pengamanan Kampanye Pilgub di Bulango Ulu, Menyebrang Dua Sungai, Risiko Terseret Arus Deras


 

Di tengah terpaan derasnya Sungai Bulango, Kompol Novry Wulur berusaha menjaga keseimbangan rakit yang ditumpanginya. Sesekali, pria yang menjabat Kabag OPS Polres Bone Bolango (Bonbol) itu menundukkan badan sambil memegang rakit itu. Setelah lolos dari ancaman arus, di depannya telah menanti akses terjal berbukit yang sangat berbahaya untuk dilintasi.

Arfandi – Bonbol

Hargo.co.id GORONTALO –  “Ini baru satu sungai, setelah gunung ini, masih ada lagi sungai lain yang mesti kita lewati,” kata Novri kepada pasukan pengamanan Polres Bonbol yang ikut bersamanya, Senin, (7/11), 15.00 wita.

Siang itu, tim Polres Bonbol hendak menuju wilayah Bulango Ulu, yang berada di ujung timur Kabupaten Bone Bolango (Bonbol).  Para anggota tribarata yang berjumlah sekira 233 personil itu harus melintasi dua sungai, serta mendaki bukit dan lintasan terjal.

Meski begitu rintangan tersebut tak sedikit pun menggoyahkan semangat mereka untuk mengamankan jalannya kampanye salah satu pasangan calon (Paslon) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo yang kali ini memiliki jadwal kampanye di Bulango Ulu.

“Kegiatan pengamanan ini termasuk dalam pengamanan OPS Mantap Praja Otanaha 2016 terkait kampanye Pilgub. Sesuai jadawal dalam STTP dari Intelkam Polda Gorontalo, kita ditugaskan mengamankan lokasi kampanye di Kecamatan Bulango Ulu,” jelas Kasi Binmas Polda Gorontalo itu.

Senin, itu regu pengamanan berhasil melaksanakan tugasnya. Pelaksanaan kampanye Paslon berlangsung aman dan terkendali. Kasat Sabhara Polres Bonbol Iptu Muhamad Haris yang mendampingi Kompol Novry memimpin regu pengamanan ketika diwawancarai setelah balik dari lokasi menyampaikan, medan yang ditempuh pihaknya memang cukup berat.

Hanya saja hal ini tidak berarti menjadi penghalang untuk melaksanakan tugas. “Seberat apa pun rintangan tetap akan kita lalui. Tidak boleh ada kata mundur bagi seorang anggota Polri dalam tugas pengabdian untuk masyarakat,” ujarnya.

Sepanjang perjalanan pergi pulang, lanjut Iptu Muhammad Haris, pihaknya harus melalui jalan yang belum ada jembatan. Karena itu tidak ada cara lain lain selain harus menyebrangi sungai langsung.

Dengan menggunakan kendaraan motor dinas personil satgas Res Bonbol melintasi sungai dengan begitu semangat.  Kapolda Gorontalo menyampaikan apresiasi atas atas pelaksanaan tugas pengamanan kepada seluruh jajaran polda Gorontalo.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh anggota Polda Gorontalo yang terlibat dalam pangamanan Pilkada dalam Ops Mantap Praja Otanaha 2016″Ujarnya, Kapolda menambahkan mereka adalah prajurit bhayangkara sejati, tidak kenal lelah dan rintangan”tandasnya.(***)

Share

Leave a Comment