Penjual Nike so Rame di Talumolo

Penjual Nike so Rame di Talumolo Deretan lapak dagangan para penjual nike di kawasan jembatan Talumolo 1 Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo Jumat (25/110. (Foto: Natha/GP)

Berita Terkait


Hargo.co.id KOTA GORONTALO – Para penjual nike di kawasan jembatan Talumolo I Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo saat ini sudah mulai ramai dengan para pedagang nike.

Hal ini tentu menjadi satu dinamika tersendir, selain menambah pendapatan masyarakat setempat, juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan nike yang merupakan ikan kecil khas Gorontalo.

Pantauan Gorontalo Post, sejak beberapa bulan terakhir setiap musim nike, di kawasan jembatan Talumolo sudah mulai padat dengan lapak dagangan para penjual nike.

Nike yang dijajakan terkadang hasil tangkapan para nelayan di perairan leato maupun dari tanjung kramat Pohe. Para pengendara yang melintas di kawasan jembatan Talumolo yang penasaran memilih singgah dan membeli nike.

Ta Neni salah satu penjual nike saat diwawancarai Gorontalo Post mengatakan, pihaknya menjual nike di kawasan jembatan Talumolo dengan alasan karena tempat tersebut sangat strategis dan banyak pembelinya.

“Torang bajual disini karena banyak yang beli. Kalau mo jual di pasar so banyak saingan,”kata Ta Neni.

Ikan nike atau duwo dalam bahasa Gorontalo, adalah salah satu ikan endemik Gorontalo. Ia banyak diburu warga setempat jika sudah musimnya, karena memiliki cita rasa khas dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Ikan nike adalah ikan kecil yang hidup bergerombol dalam satu kelompok besar dan memiliki musimnya sendiri, biasanya dalam sebulan hanya ada satu kali musim saat ikan ini bisa dijaring oleh nelayan.

Ikan ini bisa dimasak menjadi beberapa menu seperti perkedel nike, sayur pepes, woku dan jepa itu memiliki bau khas yang enak.Dari sejumlah hasil penelitian, ikan ini memiliki protein dan lemak yang lebih tinggi sehingga baik untuk kesehatan terutama memenuhi gizi pada anak. (roy/hargo)

Share

Leave a Comment