Perusahaan Airlines Pun Siapkan Lebih Banyak Seats Capacity


Hargo.co.id JAKARTA – Direktur Umum Lion Group Edward Sirait ikut bergembira, ketika Presiden Joko Widodo berkomitmen tegas di acara 100 CEO Forum di JCC Senayan, Jakarta, 24 November 2016.

Lalu diulang lagi dalam forum sosialisasi Tax Amnesty Periode II di Hotel Clarion Makassar, Sulsel, Jumat, 25 November 2016. Concern orang nomer satu di Indonesia yang akan menaikkan anggaran 4-5 kali dan sekaligus memasang target fantastis, 20 juta itu membawa angina segar bagi industri transportasi udara.

Bagaimana tidak? Lebih dari 75% turis masuk ke Indonesia melalui udara, sekitar 24% via penyeberangan fery, dari Singapore-Batam atau Singapore Bintan. Hanya 1% yang melalui perbatasan atau cross border.

Begitu tourism digenjot naik, maka industri penerbangan juga secara otomatis akan menambah seats capacity. Semua maskapai akan mendapatkan manfaat tidak langsung dari kebijakan pro pariwisata itu.

”Luar biasa Pak Presiden Jokowi! Kabar sangat menggembirakan. Semakin banyak wisatawan, semakin banyak butuh kursi untuk penerbangan. Di situlah letak perlunya bersinergi, dan Lion Air Gourp, siap membuka daerah manapun yang pemerintah mau dan pemerintah targetkan untuk membuka sebagai destinasi wisata,” ujar Edward Sirait.

Edward membeberkan, ini adalah keputusan cerdas yang direncanakan Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Karena potensi wisata Indonesia itu luar biasa, hanya belum banyak dieksplorasi melalui promosi yang kuat dari semua lini.

” Namun kita juga harus mempersiapkan bandara dengan sebaik mungkin, agar bandara layak untuk pesawat, dan yang lebih bagus lagi adalah layak untuk mendarat malam. Karena Lion Air akan siap selalu mendukung program pemerintah ini,” ujar pria yang biasa disapa Edo itu.

Target 20 juta yang dipatok Presiden Jokowi itu bukan pekerjaan mudah. Tetapi, beruntung, presiden punya menteri Pariwisata yang bekerja cepat, cerdas dan punya pengalaman korporasi.

Sehingga langkah kerja yang ditempuh pun langsung terasa impact-nya di industri. Karena industri juga langsung ditantang mematok proyeksi yang inline dengan targetnya pemerintah.

Dia menjelaskan, Menpar Arief Yahya pernah berkunjung ke kantor Lion, dan beberapa maskapai penerbangan lain di Jakarta. Termasuk Garuda Indonesia dan Air Asia. Tujuannya tegas dan to the point, memastikan target masing-masing maskapai sesuai dengan target Kemenpar dalam mendatangkan 20 juta di 2019.

”Maka Lion Air juga berkomitmen untuk dukung Kemenpar memenuhi targetnya. Dan kami langsung terbangkan Lion dari 6 Kota di Tiongkok ke Manado maupun daerah lainnya.

Share

Leave a Comment