Pilkada Boalemo, Angka ‘Hoki’ Jadi Rebutan Kontestan


GORONTALO, Hargo.co.id – Pengundian nomor urut untuk kontestan Pilkada Boalemo diselenggarakan pada hari ini, Selasa (25/10). Ada harapan untuk mendapatkan nomor tertentu seperti pasangan Uwes Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL) yang menginginkan nomor urut 1 atau 2.

Bagaimana tidak, dalam perebutan nomor urut disebut-sebut cukup berpengaruh guna memudahkan langkah kemenangan sepanjang percaturan politik Pilkada Baolemo yang dihentak 15 Februari 2017 mendatang. Tak jarang pula nomor urut sering dikaitkan dengan angka hoki.

Misalnya angka satu selain mudah disosialisasikan tentu berkaitan erat dengan kedudukan pasangan calon pada saat kampanye hingga pencoblosan nanti. Lantas bagaimana sikap para tiga pasangan calon untuk memperebutkan angka hoki nomor urut pasangan di Pilkada Boalemo?

Menurut tim pasangan jalur perseorangan Uwes Amir Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL) bahwa pihaknya menaruh harapan bisa mendapatkan angka nomor 1. Alasannya, angka ini sesuai julukan paket UNGGUL yang umumnya berarti berada pada posisi teratas.

“Kami berharap bisa mendapatkan nomor urut 1. Karena nama paket UNGGUL identik dengan deretan satu. Begitu halnya pada mendaftar di KPU bahwa UNGGUL
tercatat pendaftar pertama,” ucap Uwes Abubakar kepada Gorontalo Post, kemarin.

Lanjut Uwes mengatakan, kalaupun impian nomor urut satu kandas, pihaknya masih berkeinginan bisa meraih nomor urut dua.

“Kalau tidak mendapat nomor urut 1, kami berharap nomor 2. Sebab, selama ini kami berada dalam posisi sebagai penengah yang identik berada deretan kedua dari tiga pasangan calon peserta Pilkada Boalemo 2017,” beber Uwes.

Harapan itu justru berbeda dengan dua pasangan calon lain, masing-masing Darwis Moridu-Anas Jusuf Insya Allah (DAMAI) yang juga dari perseorangan dan pasangan petahana Rum Pagau-Lahmudin Hambali (PAHAM) diusung koalisi tujuh parpol pemilik kursi di parlemen Boalemo.

Pasalnya, baik dari paket DAMAI maupun PAHAM menganggap perolehan angka nomor urut pasangan calon tidak berarti apa-apa. Artinya pada pengundian nanti dari urutan pertama hingga terakhir sama.

“Bagi kami semua nomor urut bagus. Jadi kami dari pasangan DAMAI tidak mematok soal nomor urut,” ucap Calon Wakil Bupati, Anas Jusuf.

Senada dengan itu, Tim Pemenangan PAHAM, Hardi Syam Mopangga turut menepis keinginan untuk mendapatkan nomor urut favorit. Berapa pun nomornya tetap sama saja.

“PAHAM tentunya punya penilaian semua nomor urut sama. Paling penting itu adalah bagaimana memainkan peran secara maksimal demi memenangi pertarungan Pilkada Boalemo 15 Februari 2017 mendatang. Karena rakyat memilih sosok figur mampu membangun Boalemo. Bukan saja berdasarkan nomor urut,” ungkap Hardi Syam Mopangga. (nrt/hargo)

Share

Leave a Comment