Pilkada Boalemo, UNGGUL Lolos Verifikasi


GORONTALO, Hargo.co.id – Pasangan Uwes Abubakar-Buyung Puluhulawa (UNGGUL) untuk Pilkada Boalemo dinyatakan lolos pada verifikasi dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Itu terungkap setelah KPU Boalemo melakukan pleno hasil verifikasi, yang mana pasangan UNGGUL telah menambah dukungan KTP.

Hasil pleno KPU Boalemo, pasangan UNGGUL memenuhi syarat minimal dukungan 9.716 KTP yang tersebar di 7 kecamatan yang ada. Ini artinya bagi duet Uwes
dan Buyung setidaknya sudah bisa bernafas lega.

Anggota KPU Boalemo Devisi Data, Noldi Biya kepada Gorontalo Post, mengungkapkan bahwa pasangan UNGGUL lolos tahap verifikasi perbaikan dukungan. Karena berdasarkan rekapitulasi dukungan perbaikan ditetapkan memperoleh dukungan tambahan sebanyak 3.784 KTP.

Jumlah tambahan ini diperoleh pasca verifikasi kegandaan hingga vaktual dari dukungan perbaikan diserahkan ke KPU sebanyak 5.480 KTP. Pasalnya pada tahap awal pasangan ini dinyatakan mengalami kekurangan sebanyak 2.555 yang dilipatgandakan mencapai 5.110 dukungan sesuai amanat PKPU 9 tahun 2016 tentang pencalonan.

Sementara untuk tahap pertama verifikasi dukungan hanya memperoleh lebih dari 7.100 dukungan dari jumlah keseluruhan 10.279 dukungan diserahkan ke KPU Boalemo sejak pendaftaran dokumen, Agustus lalu. Kini dari hasil tambahan dukungan sebesar 3.784 dukungan perbaikan, maka total berhasil dihimpun dari verifikasi pertama dan verifikasi perbaikan mencapai lebih 10.884 dukungan. Sehingga dinyatakan memenuhi syarat pencalonan dari jumlah dukungan sebagaimana disyaratkan bagi jalur perseorangan pada Pilkada Boalemo 2017.

Lebih lanjut Noldi menjelaskan, pada tanggal 24 Oktober 2016 mendatang oleh KPU Boalemo akan menyelenggarakan tahap penetapan pasangan calon bertarung pada Pilkada Boalemo sedianya dihelat 15 Februari 2017. Sedangkan untuk pengundian nomor urut diselenggarakan pada 26 Oktober 2016 mendatang.

Sementara itu, pasangan UNGGUL pasca memastikan lolos syarat dukungan langsung menggelar deklarasi di Lapangan Mananggu. Deklarasi ini menyertakan ribuan masa pendukung fanatik dari 7 kecamatan di Boalemo. Menariknya,
deklarasi tersebut diwarnai pagelaran seni dan budaya berupa Tarian Ponorogo dari etnis Jawa serta Tarian Budaya Lombok yang berhasil memikat perhatian simpatisan.

“Berkat dukungan rakyat kami dinyatakan lolos syarat dukungan hasil pleno KPU Boalemo. Untuk itu saya bersama pak Buyung Puluhulawa menyatakan ikrar tidak akan mengkhianati rakyat. Sebagai bukti, kami berkomitmen siap mempersembahkan program pro rakyat selama 5 tahun kepemimpinan UNGGUL,” kata Uwes Abubakar. (nrt/hargo)

Share

Leave a Comment