Polres Boalemo Ingin Segera Terapkan e-Tilang


Hargo.co.id TILAMUTA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Boalemo menyatakan komitmennya untuk memerangi pungutan liar (pungli) dengan memberlakukan tilang online atau e-Tilang yang merupakan program Korlantas Polri.

Kapolres Boalemo AKBP Jefri Yuniardi SIK melalui Kasat Lantas AKP Dody Munandar SIK mengatakan, selain meminimalisir adanya pungli, melalui e-Tilang juga akan mempermudah para pengendara.

Jika sebelumnya menempuh mekanisme peradilan, namun melalui e-Tilang, para pelanggar tidak akan melaluinya lagi dan bisa langsung membayar denda ke bank terdekat, termasuk melalui transfer via ATM.

“Ini merupakan program Polri secara nasional sehingga kita siap melaksanakannya dengan baik demi terwujudnya Satlantas yang humanis sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” terangnya.

Ditambahkan Dody, adapun indikator pelanggaran yang menjadi target dalam system tersebut yakni pelanggaran secara kasat mata maupun peanggaran tidak secara langsung.

Kalau tidak melengakapi komponen kenderaan maka bisa dikategorikan pelanggaran. Demikian juga dengan pengendara yang bisa memicu kecelakaan.

“Nah pelanggaran rentan terjadi bagi kalangan muda-muda di jalan raya, ugal-ugalan serta pelanggaran lainnya. Tentu ini menjadi sebuah persoalan yang harus diseriusi sehingga pelanggaran tersebut tidak berimbas terhadap hal-hal yang dapat merugikan.

Patuhilah segala ketentuan berlalu lintas demi keselamatan di jalan raya,” pungkasnya.

Meski demikian, belum ada penjelasan lebih lanjut kapan Polres Boalemo akan mulai memberlakukan e-Tilang ini, “Kami masih menunggu instruksi dari Polda,” tandasnya.(TR-30/hargo)

Share

Leave a Comment