Prof Zudan : Saya Lanjutkan Program Rusli-Idris

Prof Zudan : Saya Lanjutkan Program Rusli-Idris Sebelum menulai aktivitas, Plt Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif didampingi Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa meninjau sejumlah ruang kerja di lingkut Sekretariat Daerah, Senin (31/10). (foto : humas pemprov for gp)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Gorontalo Prof Zudan Arif Fakhrulloh menegaskan, jika dalam kepemimpinanya mengisi masa transisi Pemprov Gorontalo, ia tidak menerbitkan program baru untuk diterapkan di Provinsi Gorontalo.

Sebagai Plt Gubernur, menurut Prof Zudan Arif, tugasnya jelas, yakni meneruskan program kerja yang telah ada, dan sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Saya melanjutkan programnya pak Rusli dan Idris, saya tidak ada program baru,”ujar Prof Zudan, saat rapat kerja dengan seluruh kepala satuan kerja di lingkungan Pemprov Gorontalo, senin (31/10) di ruang dulohupa, kemarin.

Seperti diketahui program Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahuim fokus pada empat program prioritas yakni pendidikan gratis melalui program Prodira, leyanan kesehatan gratis melalui program Jemkesta, peningkatan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

Prof Zudan bahkan menegaskan, akan sangat keliru jika ia membuat program baru. Menurutnya, program yang tertuang dalam RPJMD pemerintahan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim (2012-2017) itu, yang dituntaskan hingga akhir masa periode.

Terkait dengan itu, Prof Zudan Arif meminta agar seluruh kepala satuan kerja untuk fokus menuntaskan program kerja yang telah tersusun dan untuk mensukseskan RPJMD yang ada. Dalam kesempatan rapat kerja,

kemarin, Prof Zudan meminta satu persatu penjelasan setiap kepala satuan kerja terkait realisasi program di tagun 2016, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD, termasuk program kerja yang harus dituntaskan dalam kurun waktu dua bulan ini.

Seperti halnya pada Dinas Perikanan dan kelautan, pada satuan kerja yang dipimpin Sutrisno ini masih terdapat kurang lebih Rp 12 miliar anggaran yang harus dihabiskan. “Semuanya kontrak pihak ketiga, sehingga dipastikan akan selesai tepat waktu,”ujar Sutrisno.

Plt Gubernur Prof Zudan meminta agar seluruh SKPD untuk memperhatikan serapan anggaran, harus tuntas diakhir tahun anggaran. Rata-rata SKPD pada laporan kinerja bersama Plt Gubernur, menyampaikan progres realisasi diatas 80 persen.

“Percepatan harus dilakukan. Tapi ingat, harus on the track. Jangan karena dipacu percepatan tapi melanggar ketentuan,”ujar Prof Zundan. Ia meminta program yang telah jalan tapi belum selesai untuk terus dipantau. “Monitoring terus, harus selesai tepat waktu,”ujarnya. Dalam rapat kerja kemarin, Prof Zudan didampingi Sekda Provinsi Gorontalo Prof Winarni Monoarfa.(tro/hargo)

Share

Leave a Comment