Putra Mahkota Nyentrik Segera Jadi Raja Thailand


Hargo.co.id – Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn segera naik takhta. Pekan ini dia menyandang gelar Rama X alias Raja Ke-10 Dinasti Chakri yang sudah 234 berkuasa di Thailand. Kemarin (29/11) parlemen mengirimkan undangan kepada pangeran 64 tahun tersebut sebagai langkah awal suksesi.

”Saya mengundang Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn untuk naik takhta dan menjadi raja bagi seluruh rakyat,” ujar Pornpetch Wichitcholchai, ketua National Legislative Assembly (NLA) Thailand.

Sebelumnya, kabinet mengajukan nama Vajiralongkorn sebagai penerus mendiang Raja Bhumibol Adulyadej yang mangkat pada 13 Oktober lalu. Parlemen pun langsung merestui Vajiralongkorn sebagai raja berikutnya.

Proses pengajuan nama oleh kabinet, restu parlemen, dan pemanggilan Vajiralongkorn oleh ketua NLA itu terjadi dalam waktu sehari kemarin. Semua hanya formalitas belaka. Sebab, sejak empat dekade lalu Vajiralongkorn ditetapkan sebagai pewaris takhta. Apalagi, dia merupakan satu-satunya anak lelaki Bhumibol. Thailand tidak memperkenankan perempuan naik takhta.

Begitu Pornpetch mengatakan bahwa undangan resmi dikirim kepada Vajiralongkorn, seluruh legislator yang hadir dalam sidang istimewa langsung berdiri. Mereka meneriakkan ”Hidup raja!” sambil bertepuk tangan. Rencananya, Vajiralongkorn naik takhta pekan ini. Akhir bulan lalu Perdana Menteri (PM) Prayuth Chan-o-cha menyebut 1 Desember sebagai tanggal suksesi.

Kemarin tidak ada keterangan pasti mengenai tanggal suksesi. Hanya, menurut aturan kerajaan, Vajiralongkorn baru benar-benar menjadi raja dan memakai mahkota setelah Bhumibol dikremasi. Itu baru terjadi tahun depan. Sebab, pemerintah menetapkan masa berkabung nasional selama setahun yang akan berakhir dengan kremasi jasad ayahanda Vajiralongkorn. 

Share

Leave a Comment