Ramsidah, Aparatur Sipil ‘Pahlawan Sanitasi’ dari Nunukan

Ramsidah, Aparatur Sipil ‘Pahlawan Sanitasi’ dari Nunukan Ramsidah inovator terbaik pada ajang Borneo Inovator Award, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltara Dr. H. irianto Lambrie. (Foto: Ergy Candra/Radar Kaltara)

Berita Terkait


Image Kemenpar Leaderboard

Hargo.co.id JAKARTA – Semangat kepahlawanan mesti menjadi jiwa para PNS atau aparatur sipil negara (ASN) di mana pun berada. Implementasi spirit kepahlawanan yang tepat bagi ASN saat ini adalah dengan terus bersikap profesional, inovatif dan mendayagunakannya untuk mengatasi pelbagai permasalahan bangsa.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof Dr Zudan Arif Fakruloh, SH, MH terkait dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional, Kamis (10/11/2016) hari ini.

“Saya mengajak para ASN anggota Korpri di seluruh pelosok tanah air, teruslah berinovasi untuk kepentingan publik sehingga masyarakat pun gembira karena urusannya menjadi lebih mudah berkat kreatifitas dan profesionalisme Saudara semua. Inilah aplikasi yang jitu untuk membumikan spirit kepahlawan 10 November saat ini,” kata Zudan bersemangat.

Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo ini mengaku senang dan bangga dengan berbagai inovasi karya para ASN Indonesia. Hal tersebut pada dasarnya merupakan sumbangsih konkret dari pegawai negeri anggota Korpri untuk membangun bangsa agar makin sejahtera hidup lebih mudah ke depannya.

Salah satu ASN yang membuat Zudan bangga adalah, Ramsidah, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Perempuan berusia 47 tahun itu berhasil mewujudkan kepeduliannya terhadap masyarakat lokal melalui inovasi pemanfaatan ban bekas sebagai septic tank dengan sistem arisan jamban keluarga (Siarja).

Berkat karyanya yang sangat bermanfaat dan berdampak besar bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Nunukan, Ramsidah berhasil meraih juara pertama pada kompetisi inovasi pasca Diklat Kepemimpinan (Sinopadik) se-Kalimantan yang dilangsungkan di Tanjung Selor pada 25 hingga 26 Oktober 2016 lalu.

Kondisi masyarakat Nunukan yang masih minim kepedulian terhadap kesehatan sanitasi lingkungan serta perilaku hidup bersih dan sehat, mendorong Ramsidah berinovasi agar bisa keluar dari persoalan tersebut.

Share
Diterbitkan dalam Nasional Ditandai , ,

Leave a Comment