RESMI, Inilah Plt Bupati Boalemo


 GORONTALO, Hargo.co.id – Pengisian kursi pelaksana tugas (Plt) Bupati Boalemo akhirnya terjawab.

Setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menandatangani Surat Keputusan (SK) nomor Kep 131.75-10010 tahun 2016, tentang penunjukan Plt Bupati Boalemo, Selasa (25/10) kemarin.

Pejabat yang ditunjuk adalah Drs.Adrian Lahay,M.Si, kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Gorontalo.

Penunjukan Adrian Lahay sebagai Plt Bupati Boalemo, berdasar usulan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Sebelumnya, Gubernur telah mengajukan tiga nama pejabat Pemprov Gorontalo untuk Plt Bupati, masing-masing Kadis Kehutanan dan ESDM Husen Husni dan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pusat Informasi Jagung (BKPPIJ) Yusuf Giasi.

Rencananya, Gubernur Rusli Habibie akan mengesahkan Plt Bupati Boalemo Adrian Lahay, Rabu (26/10) hari ini.

“Acaranya nanti di(ruang) Dulohupa, kantor Gubernur. Pak Gubernur yang akan meresmikan,”ujar Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo Dra. Asri W Banteng, ME, kemarin. Dalam SK Plt yang dikeluarkan Mendagri Tjahjo Kumolo,

Plt Bupati Boalemo memiliki kewenangan cukup besar, selain memimpin urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, memelihara ketentraman dan ketertiban, serta memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Adrian Lahay nantinya akan menandatangani Perda APBD dan Perda organisasi perangkat daerah setelah dapat persetujuan Mendagri.

Tidak hanya itu, Plt Bupati juga memiliki kewenangan untuk pengisian dan penggantian pejabat berdasarkan Perda perangkat daerah setelah mendapat persetujuan Mendagri. (tro/hargo)

Share

Leave a Comment