Rica Naik Jadi Rp 45 Ribu per Kg


 

Hargo.co.id GORONTALO – Harga barito (bawang, rica, tomat) di pasar rakyat Limboto lambat laun menguat. Seperti kondisi harga cabe rawit atau rica, harganya terus naik sejak komoditi ini dikirim ke wilayah Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Pantauan Gorontalo Post di pasar rakyat Limboto, kemarin, Rabu (21/12), harga rica dijual mulai Rp 45 Ribu hingga Rp 50 Ribu per Kg.

Padahal sehari sebelumnya, di pasar tradisional Limboto, harga rica rata-rata mulai Rp 40 Ribu per Kg. Sementara bawang merah dan bawang putih sama-sama dijual mulai Rp 40 Ribu per Kg.

Namun tomat, harganya kembali jatuh. Kemarin, tomat dijual mulai Rp 5.000 per Kg.

Risman Pou, salah satu pedagang barito di pasar rakyat kompleks shopping centre Limboto ini mengatakan, kenaikan harga rica kemungkinan besar disebabkan dua hal.

Yang pertama, katanya, stok rica di kalangan petani mulai minim seiring dengan pengiriman rica ke wilayah Manado cs menjelang natal dan akhir tahun ini.

Dan yang kedua, permintaan masyarakat juga mengalami peningkatan, “Yang cari rica naik. Mungkin banyak acara akhir tahun jadi banyak orang beli rica,” ungkap pedagang yang akrab disapa Ka Yuyu ini.

Salah seorang pedagang barito lainnya, Kasim menyatakan, kenaikan harga rica membuat pedagang ikut bergairah,

“Waktu harga rica terjun bebas, dapa rasa susah skali cari untung. Sekarang harganya sudah bagus, mungkin petani rica juga lagi bersemangat, pak,” ujar Kasim.(axl/hargo)

Share

Leave a Comment