Rusia Paling Bahagia Trump jadi Presiden. Ini Alasannya…


Hargo.co.id – Kemenangan Donald Trump atas Hillary Clinton pada pilpres paling gaduh dalam sejarah AS langsung direspons para pemimpin dunia. Hampir semuanya mengucapkan selamat. Namun dengan intonasi yang berbeda.

Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengucapkan selamat atas kemenangan Trump. Keduanya mengundang Trump datang ke Eropa untuk membahas isu-isu penting seperti imigrasi, ISIS, perubahan iklim, dan ancaman Rusia terhadap Ukraina.

’’Pembahasan ini memungkinkan bagi kami untuk memetakan perjalanan hubungan kita selama empat tahun ke depan,’’ tulis surat yang dikirimkan Tusk dan Juncker kepada Trump.

Ucapan selamat untuk Trump juga datang dari Sekjen NATO Jens Stoltenberg. Dia berharap bisa bekerja sama dengan Trump dan menyebut kepemimpinan AS penting untuk NATO. Ucapan senada dilontarkan PM Spanyol Mariano Rajoy.

Presiden Prancis Francois Hollande memilih mengucapkan selamat atas kemenangan Trump dengan hati-hati. Sebelum memberikan selamat, Hollande menelepon Kanselir Jerman Angela Merkel. Tidak diketahui apa yang mereka bicarakan. Hollande hanya menunjukkan sedikit antusiasme terhadap kemenangan Trump. ’’Kemenangan Trump membuka periode ketidakpastian yang harus dihadapi dengan kejernihan dan kejelasan,’’ ujar Hollande.

Di pihak lain, Merkel menyatakan bahwa AS dan Jerman memiliki hubungan yang dekat. Selain itu, kedua negara mempunyai nilai-nilai yang sama. Misalnya dalam hal demokrasi, kebebasan, warna kulit, gender, agama, orientasi seksual, dan pandangan politik. ’’Berdasar nilai-nilai tersebut, saya menawarkan presiden masa depan Amerika, Donald Trump, hubungan kerja sama yang erat,’’ kata Merkel.(Hg)

Share

Leave a Comment