Rusli Melepas Rindu di Atinggola

Rusli Melepas Rindu di Atinggola MANDI SAFAR. Rusli Habibie bagaikan pulang di kampung halaman ketika mengikuti prosesi Mandi Safar di Atinggola. Begitu akrab dengan warga saat mereka melepas kangen. (Foto Tim Pemenangan NKRI)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Kerinduan masyarakat Atinggola, Gorontalo Utara (Gorut) terhadap calon gubernur Gorontalo, Rusli Habibie kini terobati. Menyusul hadirnya Rusli Habibie pada ritual Mandi Safar, Rabu (23/11) kemarin.

Pasangan Nyata Karya Rusli-Idris (NKRI) saat ini di Zona 2 untuk putaran kedua di Atinggola. Rusli Habibie bersama tim pemenangan NKRI mengawali kampanyenya dengan blusukan di Pasar Ilomata, Kota Jin Utara, Pinontoyonga, Bintana, Tumbulilato, Monggupo dan terakhir di Kota Jin. Semua desa yang dikunjungi Rusli Habibie, selalu disambut meriah oleh warga.

Khusus di Bintana, Rusli Habibie bersama tim mengikuti prosesi ritual Mandi Safar. Nampak jelas Rusli Habibie dengan masyarakat setempat melepas kerinduan. Maklum, cukup lama mereka baru dapat sebegitu dekat. Terlebih saat penyiraman, Rusli Habibie kewalahan menangkis ‘serangan’ dari warga.

“Saya senang. Meskipun kuping saya kemasukan air. Ini bukan hanya ajang silaturrahmi. Namun, sebagai ajang untuk lebih dekat dengan masyarakat guna mendiskusikan hal-hal yang dinilai penting untuk kemajuan daerah,” kata Rusli Habibie saat diberi kesempatan untuk sambutan usai mengikuti prosesi Mandi Safar.

Hal lain yang diungkapkan Rusli Habibie yakni tentang makanan. Menurutnya, makanan yang disuguhkan masyarakat adalah sesuai lida orang Gorontalo. Saling mencicipi makanan adalah langkah tepat untuk mengukur suatu kebersamaan. Menurut Rusli Habibie, tak ada yang ditutup-tutupi tentang makanan.

“Saya usul kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat, agar ritual ini dilakukan pada satu tempat saja di Atinggola. Nantinya, semua daerah di Atinggola datang pada tempat yang disepakati sebagai lokasi Mandi Safar. Ini juga akan menjadi satu destinasi wisata. Apalagi salah satu program NKRI Jilid II adalah tentang pariwisata,” jelas Rusli Habibie.

Hadir saat itu sejumlah politisi Atinggola seperti Rina Polapa, Raimond Datau, Aroman Gobel dan masih banyak lagi. Hadir juga dari kecamatan lain seperti Thomas Mopili, Nurjanah Jusuf, Daud Syarif, Hamzah Sidik, Lukum Diko, Hitler Datau dan lainnya.

Kampanye dialogis NKRI di Atinggola dikunci di Kota Jin, tepatnya di halaman Graha Pinompia. Ribuan warga datang untuk mendengar dan berdialog dengan Rusli Habibie. (jdm/hargo)

Share

Leave a Comment