Seharian Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Di Kabupaten Gorontalo Terendam Banjir

Seharian Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Di Kabupaten Gorontalo Terendam Banjir Banjir yang melanda Wilayah Limboto membuat sebagian warga mengungsi (Foto Roy Van Gobel/Hargo)

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah di Kabupaten Gorontalo yang terjadi Selasa, 25/10, menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.

Intensitas curah hujan yang tinggi serta jebolnya tanggul di dua sungai yang ada di Kabupaten Gorontalo menjadi penyebab meluapnya air hingga mencapai lutut orang dewasa.

Pantauan awaak media ini, banjir yang melanda empat kecamatan. Masing masing Kecamatan Limboto, Keecamatan Limboto Barat, Kecamatan Telaga Biru, serta Kecamatan Tolangohula, membuat ratusan rumah warga terendam air.

Oneng Iskandar, salah satu warga Kelurahan Kayumerah, Kecamatan Limboto, kepada wartawan menjelaskan, banjir yang melanda Kecamatan Limboto kbanri-2ali ini, merupakan yang terparah dalam beberapa tahun terakhir.

“ Baru kali ini banjir melanda daerah kami dan ini yang terparah.” Ujar Oneng
Oneng menambahkan, meluapnya sungai bionga serta tidak adanya saluran air menjadi salah satu sumber penyebab banjir.

Sementara itu Wakil Bupati Gorontalo Fadli Hasan yang turut memantau situasi banjir kepada awak media mengakui terdapat beberapa daerah yang mengalami dampak banjir, dan harus segera mendapat penanganan serius. Olehnya selaku pemerintah daerah pihak telah menyiapkan lokasi evakuasi serta membangun dapur umum bagi warga yang terkena dampak banjir.

“ Saat ini kita masih terus memantau perkembangan situasi, yang jelas pemerintah daerah sudah menyiapkan lokasi evakuasi dan membangun tenda-tenda pengungsian di beberapa titik yang terkena dampak banjir.” Jelas Fadli Hasan.

Hingga berita ini dilansir, kondisi wilayah Kecamatan Limboto dan sekitarnya masih digenangai air. Sejumlah warga bahkan berusaha menyelamatkan barang dan mengungsi ke lokasi yang aman. (rvg/Hargo)

Share

Leave a Comment