Sekelumit Kendala Para Pengguna Aplikasi Bentor Online


Meski pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo sudah resmi merilis aplikasi bentor online, namun hingga saat ini aplikasi itu belum bisa digunakan secara maksimal. Selain itu, aplikasi yang dirilis pada malam tahun baru itu ternyata masih membuat bingung para abang bentor terkait cara kerjanya

Arfandi Ibrahim – LIMBOTO

Di satu sudut jalan, tepatnya di lokasi kolong Pakaya Tower, sejumlah abang bentor masih mangkal sembarangan. Ada yang memang menunggu penumpang, ada juga yang sengaja beristirahat. Maklum, angin sepoi-sepoi di kolong menara itu bisa menjadi “AC” alami yang sangat cocok untuk beristirahat.

Namun tak ada satupun abang bentor yang memegang smartphone. Padahal, belum lama ini, Pemkab Gorontalo baru saja me-launching aplikasi bentor online.

Tujuannya, agar memudahkan penumpang memanggil bentor. Selain itu, tujuan pembuatan aplikasi bentor online itu untuk mengatur bentor agar tidak mangkal sebarangan.

Namun, setelah dirilis, kegunaannya rupanya belum maksimal. Pasalnya, masih sebagian besar abang bentor mangkal di sembarangan tempat. Seperti yang di katakan salah satu pengemudi bentor, Iswan Giu, saat di wawancarai mengenai aplikasi bentor, mengatakan, mereka belum menggunakannya.

Alasan utamanya adalah, sebagian besar abang bentor belum memiliki smartphone. Selain itu, masih banyak pengemudi bentor yang gaptek atau gagap teknologi dan belum familiar dengan cara kerja sistem online. “Saya tidak tau apa-apa. Sedang pegang HP (smarphone) tidak mo dapa beli,” Iswan.

Kepala Dinas Perhubungan Sumanti Maku saat dikonfirmasi mengatakan, sejak aplikasi bentor online di launching, masih sedikit pengemudi bentor yang menggunakannya karena masih terdapat beberapa kendala. “Betul, smartphone adalah alasannya. Selain itu, mereka belum paham dengan cara kerjanya,” kata Sumanti.

Ditambahkannya, pihaknya akan mengusahakan pengemudi bentor untuk mendapatkan smartphone melalui koperasi yang sudah dibentuk, dengan bekerja sama dengan Bank Sulutgo.

Sementara kendala pengoperasian aplikasi, pihaknya akan menggelar bimbingan teknis khusus abang bentor.

“Yang pada intinya, kami akan mengusahakan kepada abang bentor bisa membeli smartphone android melalu koperasi dan yang masih awam kami akan lakukan bimtek,” tandasnya.(TR-53/hargo)

Share

Leave a Comment