SELAMAT DATANG, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail

SELAMAT DATANG, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail menandatangani berita acara pelantikan dihadapan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, (23/11). (foto ; istimewa)

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian resmi melantik Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail sebagai Kapolda Gorontalo.

Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama), Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (23/11).

Selain Brigjen Pol Rachmad Fudail, Kapolri juga melantik Brigjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Yogyakarta. Seperti diketahui, Brigjen Pol Rachmad Fudail menggantikan Brigjen Pol Hengkie Kaluara, yang kurang lebih setahun menjabat Kapolda Gorontalo.

Mutasi di lingkungan Polri ini berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor ST/2753/XI/2016 yang dikeluarkan pada 14 November 2016.

Acara pelantikan dihadiri Komisioner Komisi Kepolisian Nasional dan jajaran internal Mabes Polri. Tidak seperti biasanya, usai pelantikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tidak menyampaikan amanah pelantikan.

Ia terlihat buru-buru untuk ke agenda lain, termasuk tidak memberi kesempatan bagi awak media untuk bertanya.

Jelas saja, saat pelentikan, Kapolri tidak memberikan instruksi khusus terhadap Kapolda Gorontalo dan Kapolda Jogjakarta.

Sumber Gorontalo Post menyebutkan, Kepada kedua Pejabat Kapolda Baru itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta agar bisa menjalankan tugas dengan baik saat menjadi Kapolda.

Mantan Kapolda Gorontalo, Brigjen Hengkie Kaluara menduduki jabatan baru sebagai Karokurlum Lemdikpol, sedangkan Brigjen Rachmad Fudail sebelumnya menjabat Karobindiklat Lemdikpol.

Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo, AKBP Mosyan Nimitch saat dihubungi Gorontalo Post terkait target dan program yang akan dilakukan oleh Kapolda baru Brigjen Pol Achmad Fudail mengaku masih akan menunggu petunjuk.

“Beliau baru akan tiba kamis (Hari ini,red), dan jumat (25/11) akan menggelar pisah sambut dengan Kapolda lama, Brigjen Hengkie Kaluara,” pungkasnya.

Harapan masyarakat terhadap Kapolda Brigjen Pol Achmad Fudail pun bermunculan. Terutama menyangkut peningkatan keamanan, kemitraan bersama masyarakat dan penindakan korupsi dan narkoba.

“Harus ada terobosan lagi, agar masyarakat merasa lebih aman. Terutama dalam penindakan perkara kriminal,”kata Ahmad Yusuf, warga Kota Gorontalo saat berbincang dengan koran ini kemarin.

Berbagai persoalan kriminal yang belum mampu diungkap, seperti kasus pembobolan yang marak, diharap segera bisa menyeret pelaku ke penjara.

“Dan kasus korupsi juga. Jangan segan-segan menindak. Saya kira jika Kapolda tegas, maka masyarakat akan mendukung,”tambahnya.

Brigjen Rachmad Fudail juga diminta tidak kalah terobosan. Seperti halnya yang pernah dilakukan oleh Kapolda Gorontalo sebelumnya, Brigjend Pol Drs Hengkie Kaluara. Beberapa program unik Brigjend Hengkie Kaluara, diantaranya kampung aman dan tukar barak yang digagasnya bersama unsur pimpinan TNI.

Lewat program kampung aman, Brigjend Hengkie berhasil membuat warga semakin dekat dengan aparat, dan warga ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. (tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment