Sering Diburu, Satwa Burung di Danau Limboto Terancam Punah


GORONTALO, Hargo.co.id – Habitat burung di danau Limboto terancam punah, padahal danau Limboto didiami banyak burung khas.

Hal ini karena perburuan burung makin merajalela. Bahkan, para pemburu dengan bangganya mengupload hasil buruan di media sosial. Pemburuan burung secara ilegal ini menggunakan senapan angin.

Aksi para pemburu ini mendapat kecaman keras dari berbagai pihak, terutama para pegiat lingkungan.

Mereka mendesak Polda Gorontalo untuk menindak para pemburu berlagak koboi itu. Haris Tome, Kadis Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gorontalo, merupakan salah satu pihak yang sangat mengecam hal aksi perburuan burung di danau Limboto.

“Melakukan tindakan hukum kepada para pemburu tersebut jika tidak segera menghentikan perburuanya,”tegas Haris Tome, Senin (8/11).

Haris Tome mengaku kaget, ketika menerima postingan foto-foto perburuan burung di danau Limboto.

“Pemburu yang beraksi layaknya koboi, menembaki burung yang menjadi habitat di Danau Limboto,”ujarnya.

Sebagai orang yang dilahirkan di pesisir Danau Limboto, tentu kata Haris ia sangat prihatin dengan perilaku yang merusak seperti itu.

“Mereka seolah lupa bahwa semua lembaga/kementerian baik daerah maupun pusat, sementara fokus mengembalikan dan atau menjaga ekosistem danau limboto yang makin kritis tapi masih ada juga orang yang berupaya merusak habitatnya,”ujar Haris Tome.

Share

Leave a Comment