Sering Didemo, Presiden Korea Selatan Akhirnya Siap Mundur


Hargo.co.id SEOUL – Setelah terus didemo setiap akhir pekan lebih dari sebulan ini, Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye akhirnya siap mundur dari jabatannya.

Namun, bukan sekarang. Dia akan menyerahkan jabatannya setelah parlemen menentukan tanggal yang tepat. Sikap tersebut menunjukkan bahwa Park tidak ingin menyerah begitu saja.

Penentuan tanggal berarti ada diskusi panjang dan lama antaranggota parlemen. “Saya akan menyerahkan masalah mundurnya diri saya, termasuk (kemungkinan) pengurangan masa jabatan, pada keputusan parlemen,’’ ujarnya dalam pidato yang ditayangkan televisi nasional secara langsung.

’’Begitu legislator membuat langkah-langkah untuk mentransfer kekuasaan dengan meminimalkan kekosongan kekuasaan dan kericuhan dalam pemerintahan, saya akan mundur,’’ imbuh presiden ke-11 Korsel itu.

Dalam pidatonya, presiden yang masih melajang pada usia 64 tahun tersebut kembali meminta maaf kepada publik. Dia merasa bersalah karena gagal mengontrol hubungan pribadinya dengan Choi Soon-sil.

Share

Leave a Comment