Siapa Bilang Aman? Pecinta Vaping Harus Baca Ini..


Hargo.co.id – Anda pengguna rokok elektrik alias vaping? Banyak anggapan vaping adalah pengganti rokok tembakau yang jauh lebih aman. Hal itu diungkapkan beberapa pengguna.

Salah satunya Sukma Aji. “Yang saya ketahui, rokok elektrik menghasilkan uap air yang tidak berbahaya seperti asap dari rokok tembakau. Buktinya, bila asapnya terkena mata pun tak perih. Selain itu, vaping tidak memerlukan asbak untuk membuang abu hasil pembakaran,” ungkap Sukma Aji.

Sejak awal kemunculannya tahun 2003 silam, vaping memang digadang-dagang menjadi alternatif pengganti rokok tembakau. Rokok berbasis elektrik tersebut bahkan dianggap ramah lingkungan.

Sebab, asap yang dihasilkan tak berasal dari pembakaran tembakau. Melainkan uap dari liquid (cairan). Selain itu kandungannya juga disebut-sebut tak berbahaya.

Namun belakangan hasil studi menemukan vaping tak seaman kedengarannya. Rilis BMC Public Health di Inggris menunjukkan rokok elektrik ternyata mengeluarkan zat yang sama berbahayanya dengan rokok biasa.

Diantaranya, nikotin, gliserin serta glikol. Bahkan, Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan uap vaping mengandung kadar zat karsinogen lebih tinggi ketimbang rokok pada umumnya.

Share

Leave a Comment