Simak 7 Langkah Ini, Agar Terhindari Dari Tilang saat Operasi Zebra


Hargo.co.id – Polantas di seluruh Indonesia menyelenggarakan Operasi Zebra sejak 16 hingga 29 November nanti. Operasi perispaan jelang Operasi Lilin dan Tahun Baru, itu utnuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran berlalu lintas.

Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Aris Arianto mengatakan, pengguna jalan yang melanggar aturan akan dijatuhi sanksi berdasarkan Undang Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Rincian sanksinya beragam. Mulai dari denda ratusan ribu rupiah hingga kurungan pidana.

Sanksi paling ringan untuk pengguna jalan yang melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari. Jika melanggar hal tersebut, pelanggar akan terancam pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu.

Sementara itu, sanksi paling berat dijatuhkan pada pengendara yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Pelanggar tersebut terancam pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta.

“Sementara untuk menghindari risiko ditilang saat operasi zebra, ada tujuh hal yang bisa membebaskan pengendara dari tilang,” katanya kepada Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Pertama, pengendara harus menunjukan SIM dan STNK. Kemudian yang kedua, lanjut dia, pengendara harus memperhatikan kelengkapan keamanan. Alat kelengkapan keamanan berkendara yang harus dilengkapi diantaranya kaca spion, lampu, rem, klakson, speedometer, knalpot, ban cadangan mobil, dongkrak mobil, kotak P3K dan lainnya.

Share

Leave a Comment