Simak! Ini 6 Buah-buahan yang Baik untuk Pencernaan Anda


Hargo.co.id – Serat sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Sebab, kandungannya sangat baik untuk membantu pencernaan.

Serat dapat mengikat asam empedu dan eksresi melalui tinja. Serat juga dapat melancarkan pencernaan dan berfungsi sebagai detoksifikasi.

Program detoks ini baik dikonsumsi dalam bentuk jus. Selain segar, kandungan zat-zat gizi pada buah lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Kurang serat juga dapat membuat Anda sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Dilansir Boldsky, sedikitnya ada enam buah yang ampuh memenuhi kebutuhan serat. Enam buah tersebut di antaranya apel, pir, raspberry, kurma, alpukat, serta jeruk.

1. Apel
Apel berukuran sedang memberikan asupan 17 persen serat untuk tubuh. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak, seratnya mencukupi kebutuhan bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas setiap hari.

2. Pir
Pir kaya akan nutrisi. Buah ini menyediakan serat yang larut dan yang tidak larut. Pir memberikan 18 persen serat. Selain baik untuk diet, pir juga membantu Anda dari sembelit dan kembung.

3. Raspberry
Buah ini juga dapat menjadi satu pilihan kaya serat. Secara berangsur dapat menurunkan kalori. Di dalamnya terkandung banyak serat serta dapat menjadi campuran dengan yogurt dan oatmeal.

4. Kurma
Bagi kaum muslim sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Kurma memiliki banyak serat harian yang baik untuk dikonsumsi. Kurma juga memiliki banyak kandungan kalium bagi kesehatan. Mengonsumsi setengah cangkir kurma sehari memberikan enam gram kebutuhan serat.

5. Alpukat
Selain kaya akan lemak tak jenuh, alpukat juga memberikan banyak kandungan serat. Kaya akan kandungan kalium, folat dan Vitamin B6. Mengonsumsi setengah alpukat memberikan kebutuhan 6,5 gram serat untuk tubuh.

6. Jeruk
Selain segar dan mengandung banyak vitamin C, si oranye ini juga kaya akan serat. Secara keseluruhan jeruk baik dikonsumsi untuk menambah kebutuhan serat setiap hari. Mengunyah jeruk setiap hari meningkatkan kapasitas fungsi pencernaan. (Fajar/JPG/hargo)

Share

Leave a Comment