Simak! Ini Jenis Penyakit yang Diwariskan Orang Tua pada Anaknya


Hargo.co.id – Setiap anak mewarisi 2 gen dari kedua orang tuanya. Kedua kombinasi inilah yang membentuk tipe darah yang anda miliki, kebiasaan anda dan salah satunya adalah penyakit.

Mau tau penyakit apa saja yang bisa diturunkan orang tua kepada anaknya? Berikut seperti dilansir Prevention.com (14/11/2016):

1. Kolesterol tinggi Kolesterol tinggi yang anda miliki bisa jadi bukan disebabkan oleh apa yang anda makan sehari-hari.

“1 dari 500 orang mengalami mutasi genetik yang disebabkan oleh familial hypercholesterolemia dan beresiko terkena serangan jantung prematur dan stroke,” kata konselor genetik Shivani Nazareth.

2. Kanker Payudara (dari ayah) Ketika bicara kanker payudara, biasanya orang akan fokus pada keluarga dari pihak wanita, padahal mutasi yang menjadi penyebab kanker ini dapat diwariskan dari sisi ayah.

“Pria dengan mutasi BRCA1 dan BRCA2 bisa jadi tidak akan terkena kanker payudara, namun mutasi ini dapat diwariskan ayah kepada putrinya dan beresiko terkena jenis kanker ini,” jelas dia.

3. Kebotakan (dari ibu) Percaya atau tidak, salah satu gen yang berperan pada kebotakan seseorang terletak pada kromosm X yang diwariskan pria dari ibunya. Namun gen ini tidak serta merta beranggungjawab penuh. Fakrot lingkungan juga mempengaruhi hal ini.

4. Diabetes Seperti halnya kolesterol tinggi, diabetes juga dapat diturunkan orang tua pada anaknya. Ini umumnya ditemukan pada anak-anak, remaja terkadang juga orang dewasa. Maturity-onset diabetes of the young atau disingkat MODY ini seringkali di diagnosa sebagai diabetes tipe 2, padahal keduanya adalah tipe diabetes yang berbeda.

5. Alergi susu atau intoleransi laktosa Masalah kesehatan yang disebabkan oleh kondisi genetik yang langka ini tidak hanya terjadi pada bayi namun juga orang dewasa.

6. Kondisi kesehatan lain di luar histori keluarga.

(Fajar/hargo)

Share

Leave a Comment