Support Langkah Polri, Imbau Warga Tetap Tenang

Support Langkah Polri, Imbau Warga Tetap Tenang Ketua MUI Provinsi Gorontalo Abdurrahman Bahmid saat menyerahkan pernyataan sikap MUI Gorontalo kepada Kapolda Brigjen Pol Hengkie Kaluara.

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali memberikan pernyataan sikap terkait dugaan penistaan agama oleh gubernur non aktif, Basuki Tjahaja Purnama.

Menyusul rencana aksi damai bela Alquran kedua yang akan digelar pada 25 November nanti. Di Gorontalo, pernyataan sikap MUI diterima langsung oleh Kapolda Brigjen Pol Hengkie Kaluara, kemarin, Senin (14/11).

Terdapat tiga poin sikap MUI Provinsi Gorontalo. Pertama, mendukung sepenuhnya pernyataan sikap dan keagamaan MUI pusat terhadap dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Kedua, mendukung langkah Polri yang tegas, transparan dan adil dalam penegakan hukum pada kasus ini.

Ketiga, meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak main hakim sendiri serta menyerahkan penanganannya kepada aparat penegak hukum disamping mengawasi aktivitas penistaan agama dan melaporkan kepada yang berwenang.

“Jadi, kalau di daerah lain, seperti di Palu, pernyataan sikap seperti ini disampaikan lewat demo. Di Gorontalo, kita berinisiatif langsung bertemu pak Kapolda dan, Alhamdulillah, kita diterima dengan sangat baik,” ungkap Ketua MUI Provinsi Gorontalo, Abdurrahman Abubakar Bahmid, kemarin.

Terkait aksi bela Alquran, Bahmid menegaskan bahwa pihaknya tidak mengirim wakil secara kelembagaan, namun dia mengakui cukup banyak warga Gorontalo yang pergi atas kemanuannya sendiri.

Sementara itu, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Hengkie Kaluara menyampaikan, setiap warga negara berhak menyampaikan pendapatnya dan dijamin oleh undang-undang.

“Mau pendapatnya disampaikan oleh sedikit atau banyak orang, hasilnya akan sama saja. Yang jelas, sebagai pelayan masyarakat kami akan tetap menindaklanjutinya,” ujar Hengkie.

Pernyataan sikap dari MUI Gorontalo, kata Hengkie, tentu akan segera diserahkan ke pusat.(axl/hargo)

Share

Leave a Comment