Survei Buktikan PNS Sudah Melek Teknologi Informasi


Wonderful Indonesia

Hargo.co.id JAKARTA – Persinggungan pegawai negeri atau aparatur sipil negara dengan teknologi informasi digital adalah suatu keniscayaan dan tak terhindarkan. Contoh sederhananya banyak PNS mengandalkan smartphone untuk berbagai kebutuhan pribadi sekaligus menjadi piranti kerja.

Mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Whatsapp adalah cara mudah mereka mengomunikasikan pekerjaan dan memudahkan koordinasi pekerjaan. Tak sedikit kalangan aparatur negara memanfaatkan grup Whatsapp.

Seorang pimpinan, misalnya bisa memerintahkan bawahan atau stafnya dari manapun mereka berada melalui aplikasi itu. Sedangkan, bawahannya bisa melaporkan hasi pekerjaannya menggunakan fasilitas yang sama.

Fenomena makin maraknya penggunaan gadget di kalangan PNS juga turut membantu meningkatkan pemahaman teknologi digital. Akselerasi literasi digital juga semakin tinggi dengan adanya penggunaan gadget dalam mengakses informasi.

Apalagi secara nasional, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan segenap jajaran pemerintahan pusat hingga daerah menerapkan aplikasi e-Government. Yaitu, sebuah sistem digital yang memudahkan proses administrasi pemerintahan.

Nah, seiring panggilan zaman itu pula Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tak mau ketinggalan mendorong seluruh anggotanya di tanah air untuk move on dari komunikasi manual ke digital, dengan memanfaatkan berbagai media online dan media sosial.

Korpri yang lahir berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, pada tanggal 29 November 2016 akan memasuki ulang tahunnya yang ke-45. Di bawah kepengurusan baru, Korpri melakukan berbagai terobosan untuk menyejahterakan anggota serta memfasilitasi kemudahan hidup anggotanya.

Bentuk konkret terobosan tersebut adalah ditandanganinya kerja sama Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) dengan PT Global Oase Indonesia (GO Indonesia), pada tanggal 17 Agustus 2016. Melalui kerja sama itu Korpri bakal diboyong ke era digital, ekonomi kreatif, dan era teknologi informasi dengan membangun platform digital toko online Korpri untuk memutar roda organisasi.

Share
Diterbitkan dalam Nasional Ditandai , ,

Leave a Comment