Tabrakan, 2 Pelajar Kritis


TAPA Hargo.co.id – Luputnya perhatian orang tua terhadap anaknya yang masih berstatus pelajar saat mengendarai sepeda motor bisa berakibat fatal. Seperti yang terjadi pada Adrian Karim (16), harus terbaring lemas di rumah sakit setelah tabrakan sepeda motor di Desa Ayula, Tapa, Sabtu (7/1).

Kejadiannya, saat Adrian Karim mengendarai sepeda motor jenis Yamaha bernomor Polisi DM 3214 H bergerak dari arah Kota Gorontalo menuju arah Kecamatan Tapa. Setibanya di jalan Desa Ayula Utara, tiba-tiba datang sepeda motor jenis Honda bernomor Polisi DM 2781 BL yang dikendarai Supriyanto Yusuf (16) warga setempat melaju dari arah berlawanan dan hendak merubah arah. Namun karena tidak menyalakan lampu sein, Adrian terkejut dan menabrak Supriyanto.

Kedua ABG yang masih berstatus pelajar SMP itu langsung dilarikan ke rumah sakit Toto Kabila untuk mendapatkan pertolongan medis. Mereka sama-sama mengalami luka lecet dan lebam di sejumlah tubuhnya. Kasat Lantas Polres Bonbol AKP Ismet Yusuf melalui Brigpol Dede Dwi Kurniawan membenarkan insiden kecelakaan tersebut.

Sementara itu, Polres Gorontalo Kota telah berulang kali mengeluarkan peringatan kepada masyarakat, utamanya para orang tua untuk tidak membiarkan anaknya berkendara kendaraan bermotor. Sayangnya, kecelakaan yang melibatkan pengendara di bawah umur masih cukup tinggi, “Selama 2016, ada 70 kasus laka lantas yang pengendaranya masih dibawah umur.

Paling banyak saat ingin ke sekolah,” ungkap Kasat Lantas AKP Eko Baskara. Ditambahkannya, pada prinsipnya larangan untuk membawa sepeda motor bagi anak di bawah umur sebagai upaya dari Satlantas Polres Gorontalo Kota untuk memberikan peringatan kepada masyarakat.

Olehnya, peringatan dan sosialisasi akan intens dilakukannya untuk mencegah pengendara di bawah umur yang berpotensi sangat rentan pada aksi balap liar. “Orang tua harus bersikap keras kepada anaknya, walau pergi sekolah tak perlu di berikan kendaraan motor apalagi kalau malam minggu dan malam kamis, jangan sekali kali memberikan motor karena akan melalakukan balap liar. Kedepan, kalau ada kedeapatan balap liar kami akan melakukan tindakan tegas,” tegasnya.(TR-54/TR-49/hargo)

Share

Leave a Comment