Tak Ada Drainase, Warga Gali Jalan

Tak Ada Drainase, Warga Gali Jalan GALIAN Draenase darurat yang dibuat warga Moodu dalam menangani banjir. Tumpukan material galian itu dikeluhkan para pengendara karena rawan kecelakaan lalu lintas. (foto.Arfandi/GP)

Berita Terkait


GORONTALO – Pembangunan jalan seharusnya disertai dengan pembangunan drainase atau saluran air.

Namun, lain halnya di ruas jalan Cendrawasih Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo yang dibangun tanpa ada drainase. Hal ini kerap menjadi sasaran bajir ketika hujan tiba.

Walalupun hujan hanya sedikit, namun rumah warga setempat digenangi air. Akibatnya, warga berinisiatif mengambil jalan keluar sendiri yakni menggali sebahagian bahu jalan untuk menjadi jalan air.

Pantuan Gorontalo Post, Kamis (10/11), terlihat gundukan tanah hasil galian masyarakat membuat drainase manual tepatnya di Jl.Cendrawasih, yang menggali sebagian jalan untuk dijadiakan drainase. Ini karena sebagianruas jalan di kawasan tersebut tidak memiliki drainase.

“Jalan ini digali karena kami tidak mempunyai drainase untuk mencegah air masuk ke rumah kami, karena hanya hujan sedikit rumah kami yang menjadi sasaran banjir. Ditambah lagi rumah kami dekat area persawaan”kata Ramlan warga sekitar.

Ramlan berharap agar pemerintah bisa memperhatikan ketersediaan infrastruktur khusunya drainase. Sementara itu para pengendara kendaraan mengeluhkan adanya tumpukan material tanah akibat adanya galian jalan tersebut.

“Dengan adanya galian ini membuat material tanah menumpuk di jalan, akibatnya jalan tersebut menjadi sempit untuk dilintasi,”kata Arfandi kepada awak koran ini, siang kemarin.

Terakhir Arfandi berharap agar pemerintah segera memikirkan keberadaan drainase di kawasan itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. (tr-53/hargo)

Share

Leave a Comment