Tekad HATI Bangun Gorontalo Lewat Desa/Kelurahan

Tekad HATI Bangun Gorontalo Lewat Desa/Kelurahan Cagub Hana Hasanah Fadel Muhammad berselfie dengan generasi muda di Desa Tulabolo, Bone Bolango, Selasa (11/1). (istimewa)

Berita Terkait


GORONTALO Hargo.co.id – Desa dan kelurahan merupakan ujung tombak sekaligus lokomotif kemajuan daerah, bangsa dan Negara karena desa dan Kelurahan merupakan unit terkecil pemerintahan dan memiliki peran strategis dalam pelayanan terhadap masyarakatPeran penting yang diemban desa dan kelurahan tersebut dipahami betul oleh pasangan Hana Hasanah Fadel Muhammad-Tonny S. Junus (HATI). Karena itu pasangan cagub-cawagub bernomor urut 1 itu menempatkan desa dan kelurahan sebagai basis (dasar) pembangunan.

“Pasangan HATI memandang desa serta kelurahan merupakan pondasi pembangunan daerah dan nasional. Sebab, desa dan kelurahan kaya akan potensi baik di bidang pertanian, kelautan/perikanan, parisawat maupun sumber daya alam (SDAM),” kata Cagub Hana Hasanah Fadel Muhammad.

Hanya saja menurut Hana Hasanah, arah kebijakan pembangunan yang ada saat ini lebih bertumpu pada pusat perkotaan. Sehingga kondisi itu menyebabkan gap pembangunan dan ekonomi melebar.

“Pertumbuhan hanya dinikmati oleh sebagian kalangan dan terpusat di wilayah perkotaan. Sementara di wilayah desa, apalagi di daerah pelosok dan pesisir sangat minim sentuhan. Padahal daerah-daerah tersebut merupakan kantong-kantong produksi,” tutur Hana Hasanah.

Istri mantan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad menekankan, pasangan HATI akan merevitalisasi kebijakan pembangunan. Yakni pembangunan yang bertumpu pada desa/kelurahan. “Kebijakan ini bukan hanya retorika. Tetapi akan diwujudkan salah satunya dengan mengalokasikan anggaran Rp 300 juta untuk setiap desa/kelurahan,” ujar Hana Hasanah.

Hal senada disampaikan cawagub Tonny S. Junus. Menurutnya, program bantuan dana Rp 300 juta akan mempercepat laju pembangunan di desa dan kelurahan. Apalagi, saat ini pemerintah pusat ikut mengalokasikan dana desa. “Program ini akan sejalan dan beriringan dengan dana desa. Yang mana program ini bisa melengkapi kegiatan/program yang belum diakomodir dalam dana desa,” kata Tonny Junus.

Mantan Wakil Bupati Gorontalo itu menyampaikan, berkaitan pemberdayaan dan pembangunan desa/kelurahan, pasangan HATI langsung juga meprogramkan pembangunan infrastruktur. Program tersebut lebih diprioritaskan untuk mempermudah akses di wilayah-wilayah produksi. Sehingga hasil produksi masyarakat bisa dipasarkan dan pada gilirannya masyarakat memiliki pendapatan.

“Jadi infrastruktur yang akan dibangun oleh pasangan HATI adalah yang dibutuhkan masyarakat,” tandas Tonny S. Junus. (san/hargo)

Share

Leave a Comment