Ternyata, Ini Penyebab Listrik di Gorontalo Sering Padam

Ternyata, Ini Penyebab Listrik di Gorontalo Sering Padam Unsur pimpinan PLN Suluttenggo dan PLN area Gorontalo bersama aparat sipil dan masyarakat setempat saat meninjau lokasi robohnya tower SUTT di Desa Isimu Utara, Kecamatan Tibawa, kemarin.

Berita Terkait


Hargo.co.id GORONTALO – Pemadaman listrik bergilir bakal kembali menimpa Gorontalo. Pasalnya, suplai listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Pohuwato untuk sistem interkoneksi Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulut-Go) putus total.

Ini menyusul robohnya tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang berada di Desa Isimu Utara, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Tower tersebut diterjang longsor yang terjadi pada, Rabu, malam, (30/11).

General Manager PLN Suluttenggo Baringin Nababan mengatakan, tower yang roboh tersebut menghubungkan antara Gardu Induk (GI) Isimu dan GI Marisa.

Dengan robohnya tower SUTT tersebut, PLTG Pohuwato keluar dari sistem interkoneksi Sulutgo. Dengan demikian, untuk saat ini diprediksi sistem Sulutgo mencapai 340 Mega Watt (MW) dengan daya mampu sekitar 295 MW.

Artinya, terjadi defisit sekitar 45 MW. “Jadi akan ada dampak pemadaman terhadap sistem Sulutgo sekitar 60 MW dibagi di wilayah Gorontalo, Manado dan Kotamobagu,”

terang Baringin yang didampingi Manager UPP Manado Abdul Waris Basole, Manager PLN Area Gorontalo Nayusrizal, Camat Tibawa, kepala desa beserta beberapa masyarakat sekitar, siang kemarin, Kamis (1/12).

Baringin mengatakan, untuk meminimalisir pemadaman dari pelanggan masyarakat, maka PLN akan untuk sementara melepas sejumlah pelanggan dengan daya-daya besar (captive power) yang memiliki genset sendiri seperti hotel, mall, pabrik dan masih banyak lagi.

Untuk pemulihan, Baringin menargetkan sistem akan kembali normal selambat-lambatnya 2 pekan atau sebelum perayaan Natal.

Dan untuk mempercepat pemulihan gangguan, pihaknya akan membangun Emergency Recorvery System (ERS) yang akan didatangkan dari wilayah Makassar, “Kami dari PLN akan mencarter pesawat kargo untuk percepatan pengangkutan,” tambah Baringin.

Sementara itu, Maneger PLN Area Gorontalo Nayusrizal, untuk mensuplai kebutuhan listrik khusus untuk Pohuwato dan Boalemo, sementara ini dilayani oleh PLTD Marisa dan PLTG Gorontalo.

Selain itu, untuk Kota Gorontalo mendapat suplai listrik dari PLTU Molotabu. Kedepan, PLN akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Gorontalo dan dinas terkait agar diperoleh kondisi yang aman dalam proses pembangunan jalan GORR terutama keamanan jaringan listrik di lokasi tersebut.

“Atas kondisi ini kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. PLN akan mengupayakan kerja semaksimal mungkin untuk mempercepat recovery pembangunan tower emergency.

Kami memohon support dan doa dari masyarakat, khususnya Suluttenggo, agar proses recovery dapat berjalan baik sehingga sistem kelistrikan SulutGo cepat pulih,” kata Nayusrizal.(axl/kif/hargo)

 

Share

Leave a Comment