Tifus Merebak di Kabgor, 167 Pasien Menumpuk di RS Dunda


GORONTALO, Hargo.co.id – Ini perlu menjadi perhatian bagi masyarakat Kabuapten Gorontalo.

Saat ini penyakit Tifus patut untuk diwaspadai. Pasalnya, penyakit golongan Thyfoid cukup merebak di wilayah Kabupaten Gorontalo. Di RS MM Dunda Limboto sedikitnya 167 warga tengah dirawat inap.

Wakil Dirketur RS MM Dunda Limboto dr. Titin Payuhi mengungkapkan, dalam sepekan terakhir ini, Kabupaten Gorontalo memang cukup marak penyakit Thypoid ini.

Penyakit yang menyerang pencernaan manusia ini tidak menengenal batasan umur. Baik dewasa atau anak-anak bisa terserang.

“Penyababnya bakteri Samonella. Penyakit ini menular melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh tinja,” kata dr. Titin ketika ditemui di sela-sela kesibukannya, kemarin, (9/11).

dr. Titin menungkpakan, penderita penyakit Thypoid yang dirawat inap di RS MM Dunda Limboto saat ini didominasi oleh kalangan anak-anak. Sisanya adalah orang dewasa.

“Kita belum merampungkan data pasti untuk jumlah penderita yang masuk pekan ini, termasuk total penderita selang 3 bulan belakangan karena terkendala dengan banjir kemarin. Yang pasti cukup banyak. Saat ini saja yang di rawat ada 167 orang,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan dr. Titien penyakit Thyfoid memiliki gejala khusus. Gejala itu ditandai dengan demam tinggi selama sepekan atau lebih dan disertai ganguan saluran pencernaan.

Kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi salah faktor yang bisa membuat penyakit demam thyfoid ini rawan menyerang manusia.

Masih menurut dr. Titin, selang tiga bulan ini, data rekam medis RS MM Dunda Limboto menunjukan penyakit ini juga cukup mendominasi pasien rawat inap RS MM Dunda Limboto. Namun semua pasien bisa tertangani dengan baik.

“Ketika mereka di rawat di RS MM Dunda Limboto kita berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi mereka,” ujar Mantan Kabid Pelayanan RS MM Dunda Limboto itu. (tr-53/hargo)

Share

Leave a Comment