TNI Wajib Cegah Potensi Konflik

TNI Wajib Cegah Potensi Konflik Sutan Siregar/Sumut Pos/JawaPos.com -Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Tiopan Aritonang (kiri) melakukan pelepasan atribut TNI AD secara simbolis kepada Praka Agus Alosius Purba karrena di-PTDH.

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Komandan Kodim (Dandim) 1304 Gorontalo Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki menyeru kepada seluruh komando TNI di Gorontalo agar dapat maksimal untuk mencegah hal-hal yang bisa berpotensi konflik.

Ia juga meminta TNI tegas kepada siapa pun atau kelompok mana pun yang ditengarai melakukan upaya dan gerakan yang bisa memecah belah NKRI.

Dadang Ismail menyampaikan hal ini sebagai tindaklanjut dari pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tentang ancaman global dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) yang ditayangkan salah satu televisi nasional, Selasa, (8/11).

“TNI harus tegas. Tidak ada kata main-main dan toleran kepada siapa pun yang mencoba memecah belah NKRI. TNI juga harus meningkatkan kewaspadaan, utamanya daerah-daerah yang dinilai rawan terjadi perpecahan,” ujar Dadang ketika ditemui Gorontalo Post, di ruang kerjanya, Rabu, (9/11).

Lebih lanjut Dadang menekankan, sebagai salah satu daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Provinsi Gorontalo dinilai menjadi salah satu daerah yang rawan akan terjadinya keributan ataupun konflik antar warga.

Tak hanya itu, prajurit TNI juga diminta untuk meningkatakan kewaspadaan di jalur-jalur perbatasan, terutama daerah yang berbatasan langsung dengan negara lain.

“Panglima TNI mengintruksikan kepada seluruh prajurit TNI untuk meningkatkan kewaspadaan, dan juga selalu menjalin silaturahmi dengan pihak Polri agar pelaksanaan Pilkada berlangsung aman dan damai,” ujarnya.

Lebih lanjut Letkol Inf Dadang menambahkan, jika terjadi kekacauan di daerah, akan lebih mudah bagi pihak luar untuk masuk dan berbuat hal-hal yang tidak diinginkan di Indonesia.

“Persaingan global akan berdampak terhadap negara Indonesia, dikarenakan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Itu tak lain, karena sumber daya alam yang melimpah tersebut akan menjadi harapan hidup orang banyak di masa yang akan datang,” tegasnya.

Olehnya, Letkol Inf Dadang juga mengatakan, dirinya telah mengintruksikan kepada seluruh Babinsa (Bintara Pembina Desa) untuk mendeteksi dini terjadinya makar atau provokasi dari pihak, yang ingin membuat stabilitas keamanan indonesia tergganggu. (tr-45/hargo)

Share

Leave a Comment