Tomat Rp 14 Ribu per Kg


Hargo.co.id GORONTALO – Sudah beberapa pekan ini, harga tomat di Gorontalo masih cukup tinggi. Jika mengalami penurunan harga, hanya dikisaran Rp 2 ribu per kg saja. Seperti halnya saat ini, dari Rp 16 ribu per kg, harga tomat kini dijual pedagang Rp 14 ribu per kg.

Informasi diperoleh Gorontalo Post, turunnya harga tomat tersebut disebabkan stok tomat di kalangan pedagang sedikit.

“Selain itu, harga pengambilan kami mahal, sehingga kami tetap jual tomat dengan harga di atas,” ungkap Linda, salah seorang pedagang.

Dalam sehari, Linda mengaku, memperoleh stok tomat sekitar 10 kg, biasanya sampai 30 kg.

“Kata pemasok, stok di petani juga kurang, jadi dorang juga susah dapat stok tomat,” ungkapnya.

Sementara itu, di Gorontalo, cukup banyak petani yang mengalami gagal panen pada musim penghujan sejak beberapa hari lalu. Apalagi, wilayah Kabupaten Gorontalo dan Boalemo yang diterjang banjir. Cukup banyak lahan pertanian yang rusak parah.

Misalnya, di Desa Permata yang bisa memproduksi tomat hingga hingga 5 ton dalam sehari. Karena direndam banjir, produksi turun 80 persen.

Anton, salah seorang petani membenarkan musibah banjir telah menyebabkan gagalnya produksi holtikultura.

“Ini menyebabkan para petani mengalami kerugian besar, karena untuk membudidayakan holtikultura butuh modal yang tidak sedikit,” katanya, baru baru ini.

Dijelaskannya, untuk membudidayakan holtikultura, khususnya untuk komoditas tomat sendiri, dalam 3 ribu tanaman tomat, membutuhkan total biaya produksi hingga Rp 2-3 juta.

Sementara lahan satu hektar mampu menampung kurang lebih 32 ribu pohon tanaman tomat dengan taksiran biaya produksi lebih dari Rp 20 juta.

Di sisi lain, saat harga tomat masih mahal, saat ini, harga rica di Gorontalo berangsur mulai turun. Dari Rp 50 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg.

“Sekarang stok sudah cukup untuk rica, selain dari petani di Gorontalo, banyak rica dari luar daerah yang masuk ke pasar pasar tradisional di Gorontalo, harganya lebih murah,” ungkap Etin, pedagang rica.(dan/hargo)

Share

Leave a Comment