Waspada Pupuk Palsu Beredar

Waspada Pupuk Palsu Beredar Aktifitas dari para petani padi saat mengelola sawah mereka. (F. Zulkifli Tampolo/ Gorontalo Post)

Berita Terkait


Hargo.co.id MARISA – Peredaran pupuk palsu mulai marak di Kabupaten Pohuwato dan meresahkan warga setempat.

Untuk itu para petani diharapkan agar waspada saat membeli pupuk untuk tanaman mereka. Hal ini dikarenakan adanya dugaan penjualan pupuk palsu di tingkat para petani.

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, saat ini petani sering memenggunakan pupuk jenis Phonska untuk tanaman mereka.

Namun, belakangan ini ada pula pupuk oplosan alias palsu yang diduga mulai beredar yakni Poska. Oleh karena itu, masyarakat perlu waspada dan harus tahu membedakan mana yang asli dan mana yang palsu, khususnya dari penggunaan namanya.

Kadis DPPKP, Yance Rumondor yang didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Meriwati Maku saat dikonfirmasi menyatakan, memang di daerah Pohuwato pernah ada penjualan pupuk oplosan yang tentunya akan berdampak buruk pada tanaman padi milik masyarakat.

Meski demikian, untuk saat ini belum ditemukan atau belum ada masyarakat yang melaporkan kejadian tersebut.

“Kami hanya menghimbau agar masyarakat bisa tetap waspada, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi petani itu sendiri,” ungkapnya.

Terkait dengan pupuk, alhamdulillah saat ini masih ada kurang lebih 27 ton yang nantinya bakal dimanfaatkan untuk Kecamatan Duhiadaa serta Kecamatan Buntulia.

“Pada dasarnya, ketersediaan pupuk aman dan tinggal masyarakat atau kelompok tani yang membelinya,” pungkasnya. (kif/hargo)

Share

Leave a Comment