Waspada ! Rabies Marak di Pohuwato

Waspada ! Rabies Marak di Pohuwato Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pohuwato melakukan vaksinasi terhadap seekor anjing di wilayah Kecamatan Marisa.

Berita Terkait


 

Hargo.co.id MARISA – Kasus penyebaran virus rabies di Kabupaten Pohuwato patut diwasapai. Sebab di daerah ini telah ada bukti ada warga yang tewas lantaran virus yang dipicu gigitan anjing itu.

Apalagi saat ini, di wilayah Kabupaten Pohuwato cukup banyak anjing yang berkeliaran bebas. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat mencatat, anjing yang ada di daerah Bumi Panua sebanyak 7.651 ekor.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pohuwato Gias Taha menjelaskan, pihaknya sedikit terkendala dalam mengatasi persoalan rabies di masyarakat lantaran lambannya informasi.

Di Kabupaten Pohuwato ini, ketika ada masyarakat yang terkena gigitan anjing yang diduga terkena virus rabies, mereka kadang tidak melaporkannya. Akibatnya nyawa mereka sendiri yang jadi korban.

“Kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi hal ini. Kita terus melakukan vaksinasi terhadap ribuan ekor anjing yang ada di Pohuwato untuk mengatasi penyebaran virus rabies,” jelasnya.

Sebelum ini kasus rabies di Kabupaten Pohuwato memang cukup parah. Bahkan di awal tahun 2016 lalu tercatat ada dua orang meninggal dunia dalam kasus itu.

Yani Suailo, dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan mengatakan, anjing yang terindikasi rabies itu muncul pada anjing liar.

Artinya, hewan tersebut tak dipelihara, sehingga bisa saja hewan itu dengan mudah terserang rabies.

“Jika sampai anjing itu mengigit manusia maka resikonya sangat berbahaya dan kami berharap agar kiranya masyarakat dapat menginformasikan ketika mengalami hal tersebut dan segera melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat guna mendapatkan perawatan secepatnya,”pungkasnya. (tr-48/hargo)

Share

Leave a Comment