Wisatawan di Gorut Meningkat


Hargo.co.id KWANDANG – Pariwisata di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), kini semakin bergairah, ditandai dengan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang terus meningkat. Masyarakat cukup merasakan dampak ekonomisnya atas geliat keberhasilan sektor pariwisata tersebut.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Gorut, Frits Ano, kepada Gorontalo Post, menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gorut selang 2016 ini meningkat drastis dibanding 2015. Sesuai data tahun lalu wisatawan yang berkunjung menyambangi destinasi wisata yang ada kurang totalnya kurang lebih 22 ribu, terdiri dari 21 ribu lebih wisawatan nusantara dan sisanya merupakan turis asing.

2016 ini lanjut Frits Ano, jumlah wisatawan di Gorut naik signifikan. Data per 13 September, jumlah wisatawan yang mendatangi titik-titik destiwnasi wisata di Gorut jauh melampaui jumlah tahun sebelumnya.

Yang berkunjung ke Pulau Saronde saja misalnya, untuk wisatawan nusantara berjumlah 17,510 orang, 691 turis asing dan wisatawan lokal mencapai 37 ribu. ”Belum lagi wistawa baru kita Pulau Diyonumo jumlah wisatawan juga banyak,” paparnya lagi.

Kedepan, pihaknya terus memberikan perhatian untuk eksplore potensi wisata. Promosi akan lebih diperkuat untuk menggaet wisawatan lebih banyak lagi datang ke Gorut. Pihaknya juga saat ini menurut Frits,

terus berkoordinasi dengan instansi teknis lainnya untuk bersama melakukan pemenuhan fasilitas dan infrastruktur penunjang pariwisata, baik berupa akses jalan, dan lain sebagainya.

”Kami yakin, pariwisata memberi multy player effek yang luar biasa besar bagi daerah utamaya masyarakat. Makanya kami akan terus mendorong penyediaan fasilitas penunjang dan mengeksplor potensi-potensi pariwisata,” tandasnya, dengan nada serius.(idm/hargo)

Share

Leave a Comment