Yaah… Supermoon di Gorontalo Malam Ini Masih Tertutup Awan

Yaah… Supermoon di Gorontalo Malam Ini Masih Tertutup Awan Supermoon yang terlihat dari Amerika (Credit: Gary Hershorn/Corbis)

Berita Terkait


GORONTALO, Hargo.co.id – Fenomena langit supermoon yang jatuh pada malam ini rupanya belum bisa disaksikan oleh warga Gorontalo. Pasalnya hingga saat ini kondisi Gorontalo masih tertutup oleh awan dan kondisi cuaca di Gorontalo masih dalam kondisi mendung disertai hujan dengan intensitas rendah.

“Dari habis magrib tadi menunggu supermoon, tapi masih belum terlihat. Masih tertutup oleh awan,” tutur Rahmawati masyarakat Kota Gorontalo yang ditemui di Grand Q Hotel.

Fenomena yang hanya bisa disaksikan pada 14 November ini terbilang cukup langkah. Bulan akan terlihat paling besar dan terang dalam kurun 70 tahun terakhir. Bulan seperti ini akan kembali akan terlihat dengan jarak sedekat itu hingga 25 November 2034.

Seperti dilansir Space.com, astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman, mengatakan bahwa bulan purnama itu tak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama 2016, tapi juga terbesar sejak 1948.

Supermoon terjadi ketika Bulan mencapai fase penuhnya–Bulan purnama–dan berada di titik terdekat dengan Bumi. Hal tersebut membuat Bulan terlihat lebih besar dan terang dibanding dengan purnama. (ndi/hargo)

Share

Leave a Comment