1.388 Wisman Tiongkok Rayakan Imlek di Bali

ilustrasi dok: JPNN.COM

Hargo.co.id JAKARTA-Secara kebetulan atau memang sudah diatur, perayaan Imlek Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama para pelaku industri pariwisata diwarnai angka serba sepuluh.

Dalam menyambut gelombang wisatawan mancanegara (wisman) Tiongkok, perayaan Imlek di Bali digelar pada Rabu (10 /2), dengan 10 macam menu makanan khas Tionghoa, dimana satu meja diisi oleh 10 orang.

“Ada 1.388 wisman yang confirm ikut acara Imlek ini,” jelas Menpar. Lebih lanjut dia menjabarkan, jumlah yang charter flight lewat Garuda Indonesia sebanyak 23.000-an turis.

Mereka menyewa 65 pesawat milik maskapai yang seluruh badan pesawatnya ditempel logo Wonderful Indonesia.

Yang non-Garuda, dan pesawat reguler, lebih dari 50.000 yang ingin menikmati suasana budaya dan tradisi khas Bali.

“Kebanyakan wisman asal Tiongkok yang berwisata ke Bali itu berasal dari provinsi Xinjiang, Helongjiang, Hubei, Shanghai, Henan, Hunan, Liaoning, Beijing, Shenzhen, Guangzhou, Hangzhou, Wuhan, Chengdu, Chongqing, dan sebagainya,” urai dia.

Arief menambahkan, nama Bali memang sangat terkenal di Tiongkok. Laksamana Cheng Ho dalam muhibah berlayar ke Laut China Selatan memang sampai ke Pulau Dewata.

Itu yang sedang dipromosikan sebagai Jalur Cheng Ho. “Yakni dari Aceh, Batam, Belitung, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Tuban, Surabaya, dan Bali,” ujarnya.