18 Tahun Boalemo, Lebih Melayani

Bupati Boalemo H. Darwis Moridu bersama Wabup Anas Jusuf didampingi para pejabat setempat menjamu kedatangan artis ibukota, Cita Citata yang menghibur puncak perayaan HUT Boalemo ke 18 tahun.

BOALEMO, hargo.co.id – Kabupaten Boalemo merupakan daerah pemekaran pertama di Gorontalo. Usianya tepat 18 tahun hari ini, Kamis (12/10).

Daerah pemekaran dari Kabupaten Gorontalo ini diresmikan saat Provinsi Gorontalo masih bagian dari Sulawesi Utara. Ibarat manusia, umur 18 tahun merupakan usia remaja yang matang, siap menuju dewasa dengan berbagai program pembangunan yang sudah direncanakan.

Pada usia ke 18 ini, Boalemo ingin lebih dekat dengan masyarakat. Boalemo melayani digagas Bupati Darwis Moridu dan Wakil Bupati Anas Yusuf.

Pasangan kepala dan wakil kepala daerah hasil Pilkada serentak tahun 2017 ini telah mencanangkan Boalemo Melayani Warga (BMW) yang mendatangi langsung kecamatan dan desa untuk memberikan pelayanan.

“Kita melayani, masyarakat tidak boleh tidak mendapat pelayanan. Komitmen pemerintah adalah melayani warga,”kata Bupati Darwis Moridu.

Program ini, ditopang visi misi yang dijalankan Darwis-Anas, yakni terwujudnya Kabupaten Boalemo lebih maju, sejahtera, cerdas, damai dalan nuansa religius. Bupati Boalemo H. Darwis Moridu menyampaikan, dalam lima tahun kedepan siap membuktikan kemajuan infrastruktur, pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan yang kesemuanya bermuara pada

peningkatan kesejahteraan rakyat. Mengikis angka kemiskinan yang kini berada pada angka 21 persen di tahun 2017 menjadi lebih sedikit, dan juga memerangi angka pengangguran dan partisipasi sekolah dalam melahirkan SDM yang cerdas dan berkualitas.

Selain itu, untuk menggerakkan ekonomi warga, pemerintah menggagas pinjaman modal usaha petani dan nelayan sebagai pengusaha kecil di Kabupaten Boalemo melalui peran BUMD.

Menaikan insentif Imam Jamaah, Pemangku Adat, Guru TPA serta pimpinan umat Hindu, Budha, Kristen, Konghuchu. Menaikkan insentif penyuluh pertanian. Gratis kursus Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Gratis Biaya Ambulance dan Gratis Raskin bagi keluarga kurang mampu.

Disamping itu, pemerintahan DAMAI di bidang infrastruktur ingin melanjutkan pembangunan pelabuhan Tilamuta sebagai pendongkrak ekonomi dan tersedianya jalur lintas laut antar pulau. Disektor ariwisata siap membangun kerjasama investor guna mengelola potensi wisata bahari. Tujuannya untuk mendatangkan para wisatawan asing maupun lokal sebanyak-banyaknya.  (nrt/HARGO)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →