2 Parpol Ini Mendaftar di Injury Time

PPP Kota Gorontalo ketika mendaftar di KPU Kota Gorontalo di hari terakhir, kemarin. (Foto Natha/Gorontalo Post)

GORONTALO, hargo.co.id  – Entah sosialiasi telat atau partai politik (parpol) belum sepenuhnya memahami. Kendati telah dibuka selama dua pekan (3-16 Oktober 2017), tak semua parpol bisa memanfaatkan tenggat waktu pendaftaran dan pemasukan berkas keanggotaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Buktinya di Gorontalo, parpol yang memasukkan daftar kepengurusan dan keanggotaan ke KPU kabupaten/kota rata-rata berkisar 17-18 parpol. Dari jumlah tersebut mayoritas telah memenuhi syarat. Sementara sebagiannya lagi masih diberi kesempatan untuk melengkapi/memenuhi hingga Selasa (17/10).

Informasi yang dirangkum Gorontalo Post, di KPU Kota Gorontalo sampai dengan tadi malam (17/10) pukul 00.00, parpol yang memasukkan berkas pengurus dan keanggotaan sebanyak 18 parpol. Masing-masing Perindo, Nasdem, PAN, PSI, PKS, Gerindra, PDIP, PPP, Garuda, Hanura, Demokrat, Golkar, Partai Berkarya, PKPI, PBB, Partai Bhinneka serta PKB.

Partai Perindo menjadi parpol pertama yang memasukkan berkas pendaftaran. Partai besutan Harry Tanoesoedibjo ini memasukkan pendaftaran pada Senin (9/10). Sempat dinyatakan belum lengkap, Perindo kembali memasukkan berkas perbaikan dan selanjutnya dinyatakan memenuhi syarat.

Adapun partai terakhir yang memasukkan berkas keanggotaan di KPU Kota Gorontalo yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya pengurus PKB Kota Gorontalo terlebih dahulu ke kantor KPU pada pukul 22.00 untuk melakukan konsultasi.

 “Ada 18 partai politik yang kami terima, ini sesuai dengan aturan dan edaran terbaru yang dikirimkan oleh KPU RI,” ujar Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba saat dikonfirmasi GOrontalo Post. Khusus untuk Partai Bhineka sendiri, La Aba menyatakan, pihaknya memberikan waktu selama 1×24 jam untuk melengkapi berkas KTA sesuai dengan jumlah KTA yang disyaratkan oleh KPU Kota Gorontalo.

“Setelah itu berkas parpol akan diteliti dan diverifikasi secara administrasi maupun faktual,” tandasnya.

Sementara itu di KPU Kabupaten Gorontalo, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memasukkan pendaftaran/keanggotaan pada injury time. Partai Hanura memasukkan berkas keanggotaan pada pukul 22.00 wita. Sedangkan PKB 30 menit sebelum batas akhir. Atau pada pukul 23.30 wita.

Pantauan Gorontalo Post, pada hari terakhir pendaftaran parpol yang datang ke KPU Kabupaten Gorontalo jauh lebih banyak dibandingkan hari biasanya. Diawali Partai Demokrat kemudian disusul Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Republik, Partai Berkarya, PKPI, Hanura, PKB, Partai Rakyat dan Partai Bhinneka.

Anggota KPU Mohamad Iksan Husnan mengatakan, yang sudah menerima tanda terima berkas adalah Partai Demokrat dan partai Garuda, sementara untuk PBB pun berkasnya sudah diterima, tetapi berhubung tadi partai ini belum mendaftar dipusat sehingga belum diberikan tanda terima.

“Alhamdulillah setelah menunggu akhirnya berkas PBB dinyatakan TT (memenuhi syarat) pukul 23.15 dan PBB dipusat pun sudah mendaftar KPU pusat,” ungkap Iksan.

Sementara itu PKPI, Hanura dan PKB, sampai dengan berita ini dilansir (23.30) masih sementara pemeriksaan berkas. Demikian pula partai baru yakni Partai Republik, Berkarya, Partai Rakyat serta Partai Bhinneka sementara perbaikan berkas.

“Sesuai Surat Edaran KPU nomor 585 masih diberikan waktu 1×24 jam untuk perbaikan berkas, sehingga untuk saat ini PKPI dan Hanura termasuk PKB, partai Rakyat yang baru melakukan registrasi di injury time masih diberikan sampai besok untuk melengkapi berkas,” urai Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Hendrik Imran.

“Bahkan ada partai bhineka yang juga baru melapor keberadaan partai mereka tetapi belum membawa berkas masih diberikan waktu sampai besok untuk perbaikan kelengkapan berkas,” sambung Hendrik Imran menjelaskan.

Di Kabupaten Bone Bolango sampai dengan Senin (16/10) pukul 23.04 tercatat ada 17 parpol yang memasukkan berkas keanggotaan. Masing-masing, PDIP, NasDem, Perindo, PSI, PKS, PPP, Gerindra, Golkar, Hanura, Garuda, PBB, PAN, Partai Demokrat, Partai Rakyat, PKPI, Partai Berkarya dan PKB.

Dari 17 partai yang memasukkan berkas keanggotaan, dua di antaranya masih dalam proses pemenuhan data Sipol dan kelengkapan berkas. Yaitu Partai Rakyat dan PKB.

“Sesuai dengan Surat Edaran KPU RI nomor 585, parpol masih dapat menyerahkan kelengkapan dokumen persyaratan hingga 17 Oktober pukul 24.00,” ujar Anggota KPU Bonbol Oneng Madjid.

Di Boalemo, parpol yang memasukkan berkas pendaftaran ada sebanyak 17 parpol. Yakni Perindo, PDIP, NasDem, PAN, PKS, PSI, PPP, Gerindra, Golkar, Hanura, Demokrat, PBB, Partai Berkarya, Partai Garuda, PKB, Partai Rakyat dan PKPI. Khusus untuk PKPI dan Partai Rakyat dinyatakan belum lengkap. Sedangkan 15 partai lainnya dinyatakan telah lengkap.(tr-45/wie/tr-54/nrt/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →