2 Parpol Ini Tak Lolos di Kota dan Kabupaten Gorontalo

Ketua KPU Kota Gorontalo, La Aba, S.Pd M.Pd saat menerima dokumen kelengkapan KTA, KTP kelengkapan pendaftaran partai politik milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Husni Sau, pengurus PKB Provinsi Gorontalo, selasa (17/10) (F. Yudhistirah Saleh/ Gorontalo Post)

GORONTALO, hargo.co.id – Pendaftaran partai politik (Parpol) telah ditutup, Senin (16/10).

Di tingkat pusat, tercatat ada 15 parpol baru yang mencoba peruntungan pada Pemilu 2019 mendatang. Namun dari 15 parpol baru, tak semuanya memasukkan berkas keanggotaan di KPU kabupaten/kota.

Untuk Kota Gorontalo misalnya. Tercatat ada enam parpol baru yang memasukkan berkas keanggotaan ke KPU Kota Gorontalo. Keenam parpol itu yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya, Partai Rakyat, Partai Garuda dan Partai Bhinneka.

“Ada sembilan partai yang mendaftar di KPU RI dan tidak memasukkan kelengkapan salinan berkas pendaftaran parpol ke KPU Kota Gorontalo,” ujar Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba.

Dari enam parpol baru yang memasukkan berkas pendaftaran, Partai Bhinneka dinyatakan tak memenuhi syarat. Pasalnya, hingga tadi malam pukul 00.00, Partai Bhinneka tak memasukkan kelengkapan berkas.

Selain Partai Bhineka, KPU Kota Gorontalo tak menerima pendaftaran Partai Islam Damai dan Aman (IDAMAN). Pasalnya, pengurus Partai Idaman datang ke kantor KPU Kota Gorontalo, kemarin tanpa membawa kelengkapan dokumen kepengurusan maupun keanggotaan.

Sementara itu di Kabupaten Gorontalo tercatat ada tujuh parpol baru yang memasukkan berkas pendaftaran. Dari ketujuh partai itu, empat di antaranya dinyatakan memenuhi syarat. Yakni Perindo, PSI, Garuda dan Berkarya.

Grafis Parpol yang mendaftar di KPU Kota/kabupaten se Gorontalo

“Partai Rakyat baru memasukkan perbaikan pada pukul 23.30 wita dan masih dilakukan pemeriksaan. Sementara untuk Partai Bhinneka dan Republik sampai dengan batas waktu tetap tak kembali melengkapi berkas,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Hendrik Imran.

Selain partai baru, satu partai lama yakni PKB pun untuk kedua kalinya memasukan berkas perbaikan di menit-menit terakhir, bahkan sampai berita ini dilansir KPU masih sementara memeriksa kelengkapan berkasnya.

“Mereka (PKB) memasukkan pukul 23.30 dan sementara diperiksa. Kemungkinan besar berkasnya sudah lengkap karena dari data KTA melebihi sepersepuluh jumlah penduduk,” kata Hendrik.

Sementara itu di Boalemo tercatat ada lima parpol baru yang memasukkan kelengkapan berkas pendaftaran. Yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya, Partai Garuda dan Partai Rakyat. Dari lima parpol tersebut, Partai Rakyat masih harus melengkapi kembali berkas yang dimasukkan ke KPU.

“Sesuai edaran KPU RI nomor 585 selama Parpol memenuhi minimal jumlah 1/1000 berkas dokumen KTA dan KTP keanggotaan parpol, maka
langsung diberikan tanda terima. Sebaliknya, jika parpol bersangkutan belum memenuhi syarat minimal jumlah tersebut maka diberikan kelonggaran waktu atau perpanjangan 1 x 24 jam. Ini terjadi seperti halnya Partai Rakyat dan PKPI di mana KTA dan KTP belum memenuhi jumlah minimal dengan angka 143 untuk Kabupaten Boalemo,” terang Ketua KPU Boalemo, Amir Dj. Koem

Di Pohuwato parpol baru yang memasukkan berkas pendaftaran ada empat parpol baru. Tiga dinyatakan memenuhi syarat yaitu Perindo, Partai Garuda dan Partai Berkarya. Sedangkan Partai Rakyat masih harus melengkapi kembali.

“Jadi masih diberikan kesempatan 1×24 jam setelah pendaftaran ditutup bagi parpol yang akan melengkapi peryaratan berupa KTA,KTP dan data Sipol, kalau sudah selesai tentu kita nyatakan lengkap,” ungkap Anggota KPU Pohuwato Rinto Ali.

Di Gorontalo Utara, ada lima parpol baru. Masing-masing Perindo, PSI, Berkarya, Partai Rakyat, Partai Republik dan Partai Garuda.

“Dari 5 Parpol tersebut, ada 2 Parpol yang berkas persyaratannya belum lengkap yakni Partai Republik dan Partai Rakyat. Dan kami telah meminta mereka juga untuk melengkapi berkas persyaratan yang diminta hingga batas waktu yang ditentukan,” ujar Koordinator help desk SIPOL Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019 Ali Opaladu. (tr-45/wie/nrt/tr-30/csr/abk/hargo)

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →