23 Januari Bakal Jadi Hari Peresmian SPN Batudaa

Kepala Lemdikpol, Komjen Pol Unggung Cahyono (tengah) didampingi Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Rachmad Fudail, Wakapolda Kombes Pol Eko Sukriyanto bersama sejumlah pejabat teras saat meninjau SPN Batudaa.

GORONTALO, Hargo.co.id – Jika tak ada aral melintang, peresmian Sekolah Polisi Negara (SPN) Batudaa akan digelar 23 Januari 2018, bertepatan dengan Hari Patriotik atau hari Kemerdekaan Gorontalo 23 Januari 1942.

Kemarin, Rabu (10/1), Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Komjen Pol Unggung Cahyono turun langsung meninjau SPN yang berdiri di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Lemdikpol yang tiba pukul 13.00 Wita dan disambut oleh jajaran pejabat Polda Gorontalo. Setelah istirahat makan siang, Kepala Lemdikpol langsung meninjau setiap bangunan yang berada di SPN Gorontalo.

Terpisah, Kapolda Brigjen Pol Rachmad Fuadil menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan Kepala Lemdikpol Polri ke SPN Gorontalo. “Insya Allah enam bulan lagi, pembangunan SPN akan selesai,” terang Rachmad.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK, mengungkapkan, jadwal kunjungan kerja dalam rangka peresmian SPN Batudaa oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah dikoordinasikan dengan Mabes Polri oleh Kapolda Gorontalo, Brigjend Pol Rachmad Fudail, belum lama ini.

Setibanya di Gorontalo, Kapolri akan langsung melakukan peresmian SPN Batudaa yang saat ini proses pembangunannya sudah rampung 100 persen. “Beliau (Kapolri,red) akan melakukan peresmian 23 Januari 2018 mendatang,” terang dia. Mantan Kapolres Bone Bolango ini menambahkan, Kapolri dan rombongan akan tiba di Bandara Jalaluddin rencananya dengan menggunakan pesawat milik Polri.

Setibanya di bandara, Kapolri beserta rombongan akan disambut langsung oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail bersama para pejabat utama Polda, Kapolres serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Sebelumnya, SPN Batudaa pada bulan Agustus 2018 direncanakan sudah mulai beroperasi sebagai tempat pendidikan dan latihan bagi calon Bintara Polri. Berbagai kesiapan mulai dari sarana dan prasarana penunjang SPN hingga pejabat dan anggota tetap SPN semua sudah mulai disiapkan.

Berbagai fasilitas di SPN seperti mess, kelas dan gedung utama maupun infrastruktur yang ada di SPN terlihat rampung dan nantinya Tahun anggaran 2018 ini akan dilengkapi lagi sarana penunjang lainnya seperti perumahan pejabat dan antap SPN, Lapangan Tembak, Ruang makan dan lain sebagainya.(tr58/tr45/hg)