3 Aplikasi Lokal Ini Siap Lawan Facebook Cs

Sebangsa, salah satu aplikasi media sosial bikinan anak bangsa. play.google.com

Hargo.co.id – Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) punya cara baru untuk menjadikan layanan Over The Top (OTT) lokal bisa lebih berkembang. OTT bikinan anak bangsa ini nantinya akan dibantu operator telekomunikasi di Indonesia.

Ketua ATSI Alexander Rusli mengungkapkan, saat ini ada tiga layanan OTT lokal yang akan dibantu seluruh operator di Indonesia. Yaitu, Qlue, Catfiz, dan Sebangsa.

“Minggu depan kita akan press conference bersama menteri,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Jumat (11/3).

Dia berharap, ketiga aplikasi mobile tersebut dapat ‘melawan’ popularitas OTT global seperti Facebook, Twitter, WhatsApp maupun yang lainnya. Para OTT global itu sudah mendominasi pasar Tanah Air.

“Kita ingin dorong tiga OTT lokal ini agar penggunanya lebih banyak lagi. Karenanya ini akan dibantu operator. Nantinya juga kita akan adakan chatting session bersama menteri-menteri supaya pengguna lebih banyak lagi,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Alex ini.

Sekadar diketahui, Qlue merupakan aplikasi yang berperan sebagai wadah keluhan warga DKI Jakarta. Bentuk tampilan Qlue sendiri seperti aplikasi jejaring sosial.

Begitu juga dengan Sebangsa yang merupakan media sosial lokal yang dibentuk dan dipimpin Enda Nasution. Sementara Catfiz merupakan aplikasi pesan instan buatan lokal yang dibuat developer asal Surabaya, PT Dunia Catfish Kreatif Media. (fab/JPG/hargo)