3 DOB Gorontalo Minta Disahkan Tahun Ini

Peta Gorontalo. (maps)

Hargo.co.id GORONTALO – Kesabaran masyarakat Gorontalo utamanya di tiga calon daerah pemekaran masing-masing Boliyohuto, Panipi dan Gobar menjadi daerah otonom baru (DOB), sepertinya sudah habis.

Ditengah langkah pemerintah pusat yang masih menata kembali tahapan pemekaran wilayah, masyarakat menuntut agar pengesahan tiga calon daerah pemekaran dapat dilakukan tahun ini.

Aspirasi itu disampaikan pada sosialisasi progress Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang penataan daerah dan RPP tentang desain besar penataan daerah (desertada) oleh Kemendagri, mengisi kegiatan reses anggota Komite I DPD-RI, Hana Hasanah, Jumat (1/4), kemarin.

Kegiatan sosilisasi yang berlangsung di kediaman pribadi Hana Hasanan itu menghadirkan masyarakat dan pengurus presidium pemekaran Boliyohuto, Gobar, dan Panipi.

“Yang kita butuhkan sekarang adalah kepastian. Kapan ini akan dimekarkan. Kita mau akhir tahun dimekarkan atau selambat-lambatnya awal tahun depan,” ujar masyarakat Panipi, Tamaru Monoarfa.

Sekretaris Presidium Pemekaran Panipi, Yaring Puluhulawa mengatakan, wajar bila masyarakat mulai berada pada titik jenuh. Karena perjuangan atas pemekaran dari Gorontalo sudah panjang.

“Kalau bicara persyaratan, semuanya sudah kita penuhi. Sekarang tinggal tergantung niat baik pemerintah bersama DPR dan DPD untuk mengesahkan pemekaran dari Gorontalo,” ungkapnya.

Desakan yang sama juga dikemukakan Sekretaris Presidium Pemekaran Boliyohuto, Purnomo Poniran. Ia mengatakan, Boliyohuto juga telah memenuhi semua persyaratan pemekaran.

Bahkan, bila aturan baru terkait pemekaran diberlakukan, maka Boliyohuto justru sangat pas.

“Kalau nanti pemekarannya mengacu pada kepentingan strategis nasional berupa penetapan kawasan tertentu maka Boliyohuto justru masuk kriteria. Karena masuk kawasan ekonomi khusus dan kawasan hutan lindung,” jelasnya.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →