35 Pengguna Narkoba Bonbol Direhabilitasi, Termasuk Pil koplo, Lem dan komix

Ilustrasi, dok: JPNN.com

Hargo.co.id Gorontalo – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone Bolango, melakukan rehabilitasi kepada 35 orang warga Bone Bolango yang sudah menjadi pengguna narkoba.
Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kabupaten Bone Bolango, Devi Ariyani mengatakan, jumlah tersebut sudah sejak bulan Januari lalu, dan BNN melakukan upaya untuk rehabilitasi.

“Mereka menjalani proses Rehabilitasi dengan cara Rawat Jalan, kami belum melakukan rawat inap karena melihat kondisi mereka yang masih bisa di rawat jalan.

Mereka semua bisa melakukan pengobatan di tempat yang telah BNN Kabupaten Bonbol rekomendasikan sesuai dengan kerjasama, seperti Puskesmas Kabila, Puskesmas Suwawa, Puskesmas Bonepantai, dan Rumah Sakit Umum Daerah Toto Kabila Bonebolango, serta klinik yang di rujuk oleh BNN Bonebolango,” kata Devi Aryani.

Ia menambahkan pula bahwa sampai saat ini mereka yang ikut konseling rehabilitasi akan mengikuti famili super grup yaitu, kegiatan pasca rehabilitasi yang telah mereka ikuti selama 8 kali Konseling, dimana mereka belum bisa di katakan sembuh total tetapi tahap Pulih, kegiatan tersebut akan dikuti oleh keluarga mereka masing-masing.

Dari 35 pengguna tersebut, Dewasa mereka lebih banyak pemakai jenis Sabu, sementara untuk pelajar mereka memakai jenis Pil Koplo, Lem, dan Komix. Dan kebanyakan mereka tertangkap karena adanya razia yang di lakukan melalui tes urin.

“Kami berharap kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri masing-masing atau keluarga maupun saudara yang merasa telah memakai Narkoba, bukan nanti jika ada razia baru tertangkap kemudian di rehabilitasi,” ungkap Devi Aryani. (Tr-59/hg)