Akhirnya, Pemprov Gorontalo akan Bentuk Dinas Pariwisata

Rusli Habibie memberikan cenderamata kepada Menteri Pariwsata Arif Yahya. (dok Gorontalo Post)

Hargo.co.id GORONTALO – Sudah saatnya pariwisata Gorontalo bangkit. Dengan modal tiga daya tarik wisata yang dimiliki Gorontalo, yakni budaya (culture), alam (nature) dan buatan (manmade) optimis bisa membuat Gorontalo menjadi incaran para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menekankan akan segera membentuk dinas pariwisata. Seperti diketahui, urusan pariwisata tingkat Provinsi Gorontalo masih menempel pada Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubparkominfo).

“Kita akan pisahkan pariwisata menjadi satuan kerja sendiri. Ini akan lebih mempercepat pembangunan kepariwisataan di Gorontalo,”ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Keinginan Gubernur Rusli Habibie untuk memisahkan urusan pariwisata menjadi dinas sendiri, disampaikannya langsung kepada Menteri Pariwisata Arif Yahya di Jakarta baru-baru ini.

Pertemuan Gubernur Rusli Habibie bersama Menteri Pariwisata Arif Yahya dalam rangka launching calender of even Pariwisata Gorontalo itu juga dimanfaatkan Gubernur Rusli Habibie, agar Kementerian Pariwisata bisa memberikan pakar pengembangan pariwista yang ada di kementerian untuk dijadikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo.

“Di kementerian banyak orang-orang hebat pariwisata. Saya ingin yang mengurusi pariwisata di Gorontalo juga adalah sumber daya yang paham benar dengan pariwisata,”ujarnya.

“Kalau bisa diberikan satu orang untuk dijadikan kepala dinas nanti,”tambah Gubernur Rusli Habibie. Keinginan Gubernur Rusli Habibie itu mendapat respon positif Menteri Pariwisata Arif Yahya. Ia menilai dengan menempatkan orang yang tepat pada urusan pariwisata merupakan komitmen nyata dalam pengembangan pariwista di daerah.

“Saya melihat Gorontalo begitu serius, dan kita akan mendukungnya,” terang Arif Yahya. (tro/hargo)