Anjing Pilihan Buwas, Bisa Mengendus dan Mendobrak Lemari Isi Ganja

Budi Waseso Saat Meninjau Penangkaran Anjing di Surabaya.

Hargo.co.id SURABAYA—Kepala BNN Komjen Budi Waseso secara khusus blusukan ke Surabaya. Kedatangan mantan Kapolda Gorontalo itu, untuk mencari anjing pelacak berkualitas. Ia mendatangi kediaman pemilik anjing pelacak, Sugiharto Tandjung, di Kota Pahlawan, Sabtu (27/2).

Untuk menemukan anjing-anjing pilihannya,pria yang akrab di sapa Buwas ini, meninjau langsung kandang penangkaran,dan disini ia melihat berbagai jenis anjing, yang kebanyakan sudah terlatih.

”Untuk melatihnya, kami juga butuh pawang. Nanti kami sesuaikan. Kalau anjingnya seribu, ya kami cari seribu pelatih,” paparnya.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri itu juga sempat melihat langsung keterampilan anjing dalam menemukan narkoba. Seekor anjing jenis herder berwarna cokelat memamerkan skill dengan perintah sang pawang. Si anjing mengitari beberapa lemari dan mengendus kolong meja. Tak lama berselang, moncongnya mendobrak pintu lemari tersebut. Ternyata, setelah dibuka, memang benar ada ganja yang dibungkus pipa.

Melihat peragaan itu, Buwas optimistis bahwa pasukan K-9 akan efektif untuk menunjang kinerja lembaga yang dipimpinnya. Dengan begitu, BNN bisa mempersempit ruang gerak bandar maupun pengedar narkoba.

Pada kesempatan terpisah, Sugiharto mengatakan bahwa langkah BNN sangatlah tepat. Apalagi, Buwas sreg dengan anjing lokal. ”Karena kemampuannya tidak kalah jauh,” tutur dia. (did/c11/fat/flo/jpnn/hargo)