Aparat Desa Dibekali Ilmu Jurnalistik

Pimpinan Redaksi Gorontalo Post Hasanuddin Djadin saat memberikan materi seputar Teknologi Informasi dan Jurnalisme warga kepada aparat Desa dan Dusun di Kecamatan Pulubala.

Hargo.co.id Gorontalo – Program Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo menggulirkan sebuah terobosan. Yakni mengembangkan media komunitas. Terkait hal itu, Program GSC melakukan pembekalan pengembangan media komunitas bagi apatarur desa se Kecamatan Pulubala, Rabu (5/12).

Pembekalan dilakukan dengan melibatkan Gorontalo Post. Pemimpin Redaksi Gorontalo Post Hasanuddin Djadin dihadirkan sebagai salah satu pemateri seputaran dunia jurnalistik. Mulai dari pentingnya jurnalisme warga hingga metode dan tata cara penyusunan berita.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterbukaan informasi yang ada, baik dari dalam maupun luar desa. Dengan begitu, diharapkan masyarakat kedepan bisa dengan mudah mengakses informasi yang ada melalui media cetak maupun elektronik. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong agar masyarakat perdesaan bisa menjadi lebih bijak mamanfaatkan teknologi informasi sekaligus menjadi jurnalis warga di desanya masing-masing.

Fasilitator Kecamatan Pulubala, Arfan Entengo, mengungkapkan, kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan pengetahuan warga perdesaan khususnya di Kecamatan Pulubala ini tentang dunia jurnalisme.

“Kami harap kegiatan ini bisa meningkatkan minat baca, berdiskusi dan menulis di desa, sehingga meningkatkan keterbukaan informasi yang ada sekaligus warga desa bisa menjadi jurnalis warga dengan menyampaikan sebuah informasi yang baik dan benar,” ungkap Arfan.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Gorontalo Post, Hasanudin Djadin, yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut mengatakan, era keterbukaan informasi pada perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat menuntut warga agar lebih bijak dan lebih jeli lagi dalam memanfaatkannya. Jika tidak, maka bisa memicu perpecahan di tengah masyarakat.

“Teknologi informasi saat ini sudah bermertamorfosis menjadi sebuah kebutuhan primer. Nah, untuk menyerap sebuah informasi maupun menyebarkannya, membutuhkan ketelitian, kejelian apakah informasi tersebut sudah benar-benar valid atau tidak,” kata Hasanudin.

Mewakili Gorontalo Post, Hasanudin menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Pada kesempatan tersebut, Hasanuddin juga membekali warga, terutama aparatur desa untuk menjadi jurnalisme warga.
Pada kegiatan tersebut, para peserta juga dituntut untuk bisa menyajikan sebuah informasi yang sudah dikemas menjadi sebuah berita. (tr-56)