Astaga! Presiden Zimbawe Biarkan Rakyatnya Kelaparan

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe bersama rakyatnya.

Hargo.co.id – Jika negara-negara berusaha mendorong agar perekonomian rakyatnya membaik. Berbeda dengan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe yang membiarkan rakyatnya menderita.

Disaat-saat rakyatnya mengalami kekeringan dan kelaparan, Robert malah mengadakan pesta mewah untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-92. Mugabe lahir pada 21 Februari 1924.

Pesta, konser, parade, serta berbagai acara lainnya untuk memeriahkan ulang tahun Mugabe itu menghabiskan USD 800 ribu atau setara dengan Rp 10,7 miliar.

Acara tersebut dilaksanakan sejak beberapa hari lalu dan perayaan Sabtu (27/2) di Kota Masvingo adalah puncaknya.

“Uang yang digunakan untuk mendanai perayaan ulang tahun yang tidak masuk akal ini seharusnya digunakan untuk mengimpor jagung guna menghindari kelaparan di Provinsi Masvingo dan wilayah lain di negara ini,” ujar Juru Bicara Partai Oposisi Gerakan untuk Perubahan Demokrasi (MDC) Obert Gutu.

Dalam foto-foto yang beredar di media, tampak Mugabe merayakan umurnya yang panjang dengan bebe­rapa kue ulang tahun yang mewah dan besar. Beberapa di antaranya berbentuk peta Benua Afrika dan replika reruntuhan Great Zimbabwe. Berat kue replika Great Zimbabwetersebut mencapai 92 kilogram.

Perayaan pesta besar-besaran itu tentu saja langsung dikecam berbagai pihak. Sebab, pesta tersebut berbanding terbalik dengan kondisi kelaparan dan kekeringan yang melanda 2,5 juta penduduk Zimbabwe.

About Admin Arifuddin

Senang menulis dengan nuansa kesederhanaan

View all posts by Admin Arifuddin →